Loading...

Fesal Musaad: Menjaga Kerukunan Umat Beragama

MASOHI, Malukuchannel.com - Acara Silaturahmi Pemerintah Daerah, Lembaga Keagamaan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda yang berada di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Fesal Musaad,S.Pd,M.Pd. yang di gelar oleh Kantor Kementrian Agama Kabupaten Maluku Tengah. Bertempat di gedung Mae Oku Masohi, Rabu (18/04/2018)

Turut hadir, Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) diantaranya Asisten II Setda Maluku Tengah, Bahrun Kalauw, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Masohi, Haris Tewa, Kapolres Maluku Tengah, AKBP Raja Arthur Lumongga Simamora, Kejaksaan Negeri Maluku Tengah yang di wakili oleh Kasi intel, Afrizal Tuasikal, Kasdim Kodim 1502/Masohi Mayor Inf. Adhi Eka jaya Saputra.

"Selain itu juga dihadiri Ketua MUI, Uskup PAROKI, Klasis GPM Masohi dan Parisada Hindu Dharma Maluku Tengah sebagai penandatangan Piagam Deklarasi Cinta Damai.

Kepala Kantor Kemenag Maluku Tengah, yang merupakan ketua penyelenggara, Drs. H. Japri Kabalmai dalam sambutannya melaporkan bahwa tujuan kegiatan yang dimaksud adalah untuk menjalin silaturahmi dengan semua elemen di dalam lapisan masyarakat, baik itu Pemda juga TNI/POLRI.

Kiat memelihara kerukunan antar umat beragama adalah dengan Menjaga toleransi dan menjalin persatuan dan kesatuan bangsa," tegasnya.

Sementara itu Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku, Fesal Musaad, S.Pd, M.Pd. mengharapkan, semoga forum silaturahmi yang strategis ini dapat menghubungkan yang terputus,"Menjaga Kerukunan Umat Beragama, saling memahami satu dengan yang lain khususnya di Kabupaten Maluku Tengah.

Momentum menguatkan toleransi dan kerukunan umat beragama di Kabupaten Maluku Tengah merupakan salah satu penunjang yang akan berimplikasi terhadap kemajuan pembangunan daerah yang sedang dan yang akan dijalankan," jelasnya.

Musaad, menambakan bahwa saat ini masyarakat telah terkooptasi dan hidup terkotak-kotak karena kentalnya politik identitas yang dimainkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

"Sehingga untuk mengembalikan masyarakat pada kehidupan yang harmonis diantara sesama umat beragama maka kembalikan fungsi agama sebagai langkah pemersatu.

Yang paling terpenting kepada ASN Kementrian Agama jagalah netralitas dimonent politik saat ini. ASN Kemenag harus menjaga suasana tetap kondusif. Agama itu mengajarkan untuk kita berbuat baik jangan dirusaki hanya karena kepentingan politik," ungkap Musaad kepada ratusan peserta silahturahmi.

Setiap penceramah baik pada mesjid, gereja atau dalam momen peribadatan agama lainnya hendaknya memberi ceramah rohani yang sejuk," ingatnya.

Dalam acara ini dilakukan penandatangan Piagam Deklarasi Cinta Damai oleh para tokoh agama yang disaksikan oleh seluruh undangan yang hadir. Selain itu dilaksanakan penyerahan bantuan oleh Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama kepada lembaga pengembangan Pendidikan Islam. (MCJ)
Malteng 1672253496421763416

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC