Loading...

Yonif 731 Kabaresi Akan Sebarkan Pohon Masoya Ke Masyarakat

MASOHI, Malukuchannel.com - Pohon Masoya atau nama aslinya pohon Masohi yang berasal dari pulau Seram, kini menjadi target pengembangan oleh jajaran Batalyon Infanteri Yonif 731 Kabaresi dan akan disebarkan ke masyarakat di pulau tersebut.

Demikian dikatakan Komendan Batalyon (Danyon) 731 Kabaresi Mayor Infanteri Indra Hirawano kepada Pers di Masohi Sabtu (27/01/2018), Pekan Kemarin usai melakukan penanaman 500 anakan pohon Masoya bersama Polres Maluku Tegah, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Pimpinan BUMN setempat.

Menurut Mayor Infanteri Indra Hirawano, pohon Masoya merupakan tanaman asli dari pulau Seram, namun tanaman ini sudah langkah dan punah. Namun, saat ini banyak ditanami dan dikembangkan di daratan Papua.

"Karena tanaman ini berfungsi untuk pembuatan parvum atau minyak wangi, sehingga  Yonif 731 Kabaresi berusaha untuk mendatangkan pohon tersebut dari Papua untuk ditanam serta dikembangkan di Pulau Seram,"ucapnya.

Dikatakan, pengembangan pohon Masoya ini sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di bidang Pertanian, dalam rangka peningkatan emas hijau sesuai cita-cita Pemerintah melalui jajaran TNI.

Batalyon Infanteri Yonif 731 Kabaresi kini telah melakukan pembibitan pohon Masoya sebanyak 80 ribu anakan, dan sudah ditanam di areal Batalyon sebanyak 500 anakan.

"Kami di Batalyon 731 Kabaresi saat ini menjadi pionir dalam pengembangan emas hijau di Pulau Seram, terutama di kabupaten Maluku Tengah,"pungkasnya.

Selai pohon Masoya, ada juga tanaman umur panjang lainnya yang ditanam di areal Batalyon seperti Kayu Tranbesi, Kenari, Jati Mas, dan jenis tanaman umur panjang lainnya, serta tanaman buah-buahan guna menjawab kebutuhan masyarakat di daerah ini.

Mayor Infanteri Indra Hirawano yakin, lima sampai 10 tahun ke depan Batalyon Kabaresi siap menjawab kebutuhan buah bagi masyarakat di Maluku dan juga di luar Maluku.

"Kami terus kembangkan emas hijau di daerah ini dengan melibatkan petani yang handal. Petani dan anggota TNI Yonif 731 Kabaresi, siap bersatu dan bergandengan tangan untuk meningkatkan pertanian di daerah ini,"janjinya. (MCT)
Malteng 1936824448119556130

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC