Loading...

Dinas PUPR Maluku Gelar Sosialisasi Pengolahan Sampah di Passo

AMBON, Malukuchannel.com - Gerakan Peduli Mitigasi Bencana dan Sosialisasi Pengolahan Persampahan TPS 3R yang dilaksanakan oleh Dinas PUPR Maluku CQ. Satuan Kerja (Satker) Penyehatan Lingkungan Permukiman (PLP) di TPS 3R, tepatnya di Passo Indah Kota Ambon dinilai sangat penting dan positif demi kepentingan masyarakat.

Program ini sangat penting dan positif demi kepentingan masyarakat sekitar jadi kalau lingkungannya sehat, bersih maka masyarakat hidupnya lebih nyaman,"kata Rudi Novianto, Tenaga Ahli Menteri PUPR bidang Komunikasi di Ambon, Senin (27/11/2017).

Menurutnya, dari sisi ekonomi TPS 3R dapat memberikan dampak positif karena sampah diolah menjadi pupuk yang bisa dijual guna menambah penghasilan, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Program dari Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR ini sasarannya adalah 100-0-100. Artinya 100 persen masyarakat mendapat air bersih, 0 persen daerah kumuh dan 100 persen sanitasi.

Dari hasil penilaian Pemerintah Pusat program TPS 3R di Maluku sangat positif, karena keterlibatan ibu-ibu misalnya di sekitar TPS 3R Passo Indah kota Ambon sagat baik.

"Ke depan program TPS 3R akan dibangun juga di tempat lain, guna mengurangi masalah persampahan di lingkungan masyarakat,"ucapnya.

Untuk itu maka Pemda kabupaten/kota harus mengusulkan ke Pempus sehingga program ini berjalan rutin, namun tentu perlu pendampingan dari Kementerian PUPR dan Dinas PUPR setempat dalam hal pegolahan sampah. (Mc-G)
Daerah 6751330229903651949

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC