Loading...

Tradisi Hadrat Negeri Rutah Antar Hewan Qurban

AMAHAI, Malukuchannel.com - Usai melaksanakan Sholat Ied Idul Ahda 1438 Hijriyah di pagi hari, masyarakat Negeri Rutah, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah menggelar hadrat sebagai pengantar hewan yang akan dikorbankan, Jumat Siang (01/09/2017).

Hadrat di Negeri Rutah mengantar hewan Qurban dilaksanakan merupakan tradisi turun temurun dilakukan dan hingga kini masih tetap dilestarikan oleh masyarakat di Negeri Rutah.

"Setiap Hari Raya Idul Adha, seluruh masyarakat tumpah ruah di jalan mengantar hewan qurban untuk disembelih. Kegiatan ini telah menjadi tradisi dari para leluhur kami yang sarat dengan pesan kebersamaan dan kekeluargaan ",Ungkap Pejabat Negeri Rutah, Abdulah Lewenussa.

Hewan qurban yakni Sapi maupun kambing di arak keliling kampung. Masyarakat yang menunggu Iringan hadrat bergabung dan antusias sembari bersalawat diiringi suara rebanah.

"Untuk tahun ini Negeri Rutah menerima sumbangan 8 ekor sapi dan kambing 6 ekor dari para dermawan. Nantinya akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan seperti fakir miskin, janda dan yatim piatu ",Kata Imam Masjid Nurul Ahmad, Ustad Ambru Lattarissa

Salah satu warga Rutah, Ferdi Wattimena mengaku hadrat yang turun temurun dilakukan setiap Idul Adha sangat positif. Dirinya berharap tradisi ini tetap di pelihara sebagai pengikat tali silaturahmi antar sesama warga masyarakat di Negeri Rutah. (Mc-J)
Malteng 4501777146606189629

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC