Loading...

Pemda Malteng Gelar Workshop Dan Pemilihan Anak Kreatif

MASOHI, Malukuchannel.com - Pemda Maluku Tengah melalui Dinas Pemberdayaan Negeri Perempuan dan Perlindungan Anak (PNP dan PA) menggelar Workshop Anak dan Pemilihan Anak Kreatif tingkat Kabupaten Maluku Tengah, bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malteng Kamis (13/7/2017).

Sebanyak 36 anak dari 18 kecamatan di Kabupaten Maluku Tengah baik SMP maupun SMA sederajat mengikuti Workshop Anak dan Pemilihan Anak Kreatif tingkat Kabupaten Maluku Tengah tahun 2017.

Tujun peleksanaan workshop antara lain; Memberikan ruang partisipasi untuk anak dalam pembangunan, Mengembangkan rasa cinta tanah air kebhinekaan, persaudaraan, kerukunan dan gotong royong, dalam mempertahankan nilai-nilai luhur budaya bangsa dalam menghadapi dinamika perubahan global.

Selain itu, sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas anak di bidang bela Negara serta memberikan pengalaman kepada anak dalam mengikuti workshop maupun memfasilitasi anak dari berbagai kecamatan guna membangun jaringan persaudaraan antar sesama anak di daerah ini.

Bupati Malteng Tuasikal Abua, SH dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pembangunan Daerah Dr. Rakib Sahubawa, MSi mengatakan, Pemerintah Daerah dan elemen masyarakat sangat mendukung kegiatan workshop dimaksud karena sangat penting dalam pemenuhan hak tumbuh kembang dan perlindungan anak.

Ada banyak permasalahan dan peristiwa yang akan mengancam masa depan anak Indonesia termasuk di kabupaten tertua di Provinsi Maluku ini. Sebagai contoh, kasus kekerasan terhadap anak, termarginalnya anak dalam berbagai interaksi dengan lingkungan sekitar akibat kemiskinan, keterbatasan sarana dan prasarana pelayanan publik, pelecehan seksual, eksploitasi anak untuk bekerja mencari nafkah.

Permasalahan ini menurut Tuasikal, akan mempengaruhi anak sehingga anak tidak dapat menikmati masa pertumbuhan yang sempurna terhadap masa depan mereka.

"Untuk itu kita semua merasa terpanggil, peduli, serius, arif maupun bijaksana dan bersatu padu, menjaga anak-anak agar mereka dapat tumbuh kembang secara optimal baik fisik, mental maupun sosial dan berakhlak mulia, guna mencapai cita-cita mereka ke depan,"pintanya. (Mc-T)
Malteng 8352697646068320778

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC