Loading...

Wakili Pj Bupati Malteng, Tuarita Launching Gerakan Tanam Cabai di Pekarangan Serta Bantuan Pangan Nasional


MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM -
Bertempat di Negeri Haruru, Perumahan Vila Mutiara, Kecamatan Amahai, Kota Masohi. Penjabat (Pj) Bupati Maluku Tengah (Malteng), DR. Rakib Sahubawa, S.Pi M.Si diwakili oleh Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Malteng, Jauhari Tuarita, S.Pi dalam amanahnya mengatakan bahwa, pada Apel pagi ini, ada beberapa Hal Penting yang perlu saya sampaikan Terkait Pemantapan beberapa Tugas kita kedepannya diantaranya sebagai berikut:


Upaya Pengentasan Kemiskinan, Pengendalian Inflasi dan menjaga Ketahanan Pangan Masyarakat yang menjadi Program Penting Pemerintah dan yang harus didukung semua Stakeholder. Sehingga, tujuan Negara menciptakan Masyarakat yang Adil dan Makmur dapat diwujudkan. 


Sebagaimana Arahan Presiden, Ir. Joko Widodo (Jokowi), Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Pertanian (Mentan) Pemerintah Daerah (Pemda) diminta untuk melakukan Gerakan Tanam Cabai guna memastikan Stok atau Komoditi di Daerah itu tersedia dengan Harga yang Terjangkau.


"Maka pada hari ini saya akan Mencanangkan Gerakan Tanam Cabai di Pekarangan dan Bantuan Pangan Nasional tahun 2024," ungkapnya pada, Jumat (02/02/2024).


Dalam tambahannya mengatakan bahwa, atas Nama Pemda Kabupaten Malteng, saya sangat Mengapresiasi Gerakan yang di Inisiasi Pemerintah Pusat (Pempus) dan Tim Penggerak (TP) PKK untuk menekan Inflasi ini, menjadi Program Nasional yang diikuti 38 Provinsi. 


Gerakan Tanam Cabai di Pekarangan merupakan salah satu Solusi untuk membantu Penyediaan Cabai secara berkelanjutan di tingkat Rumah Tangga dan Mengatasi Gejolak Harga Cabai yang terjadi di Pasar, karena dapat menekan Permintaan Cabai oleh Rumah Tangga di Pasar. 


"Walaupun saat ini Harga Cabai sudah mulai Stabil, tetapi tidak menutup kemungkinan akan terjadi Kenaikan Harga lagi kedepannya. Sehingga, dengan Gerakan Tanam Cabai di Pekarangan ini," ujarnya.


Saya berharap, akan Berdampak pada Gerakan Masyarakat Tanam Cabai, ini juga merupakan salah satu langkah Strategis Pemda untuk Menekan Laju Inflasi di Kabupaten Malteng yang bisa mempengaruhi Perekonomian Warga Masyarakat. 


Selain untuk Pengendalian Inflasi, Gerakan Masyarakat Tanam Cabai ini juga untuk menumbuhkan Produksi Cabai Lokal serta meningkatkan Kesejahteraan Petani dan Pelaku Usaha disektor Pertanian. 


Terkait dengan Penyaluran Bantuan Pangan Nasional pada tahun ini adalah merupakan Kelanjutan Penyaluran Bantuan Pangan yang telah diberikan sejak tahun 2023.


"Program ini sesuai dengan Arahan Presiden Jokowi yang telah memutuskan untuk memperpanjang Penyaluran Bantuan Pangan hingga Juni 2024 untuk mendorong Pemulihan Perekonomian Nasional," ucapnya. 


Dengan Penyaluran Bantuan Pangan ini, kita juga menopang Daya Beli Masyarakat yang pada gilirannya jika Inflasi Rendah, Daya belinya bisa Kuat, maka itu bisa menumbuhkan Pertumbuhan Ekonomi.


Pj Bupati Malteng, lewat sambutannya yang dibacakan Pj Sekda mengajak para Pimpinan Organisasi Pimpinan Daerah (OPD), Camat dan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Malteng untuk selalu Berinovasi dan mendukung Program Prioritas Pembangunan Nasional diantaranya yakni:


Menekan Laju Inflasi, menurunkan Kemiskinan Ekstrem, memberikan Kemudahan Investasi, Penurunan Stunting, Menyukseskan Gerakan Menanam Cabai, juga Program Inovasi lainnya di Bidang Pertanian guna meningkatkan Ketahanan Pangan. 


"Kepada seluruh ASN, saya berharap agar Saudara/saudari selalu Disiplin, Berkomitmen dan bertanggungjawab dalam menjalankan Tugas dan tanggungjawab sebagai Aparatur Negara dalam memberikan Pelayanan Terbaik kepada Masyarakat, Daerah, Bangsa dan Negara," tutupnya. (MCJ)

Malteng 669247230182754943

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC