Loading...

Bupati Malra Buka Lomba Mural

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Bupati Maluku Tenggara (Malra), M. Thaher Hanubun didampingi Wakil Bupati, Ir. Petrus Beruatwarin, M.Si membuka dengan resmi Lomba Mural yang merupakan kegiatan awal dari rangkaian kegiatan peringatan hari Nen Dit Sakmas.

Kegiatan Mural tersebut dibuka dengan ditandai coretan Bupati dan Wakil Bupati pada dinding tembok rumah budaya Nen Dit Sakmas di Ohoi Wain pada, Senin (04/09/2023).

Pelaksanaan Lomba Mural dengan mencoret serta mewarnai dinding tembok Rumah Raja Wain Kecamatan Kei Kecil Timur resmi dimulai. 

Coretan awal pelaksanaan lomba tersebut dilakukan oleh Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun bersama Wakil Bupati, Petrus Beruatwarin. 

Bupati Thaher terlihat tampak menggaris garis melengkung diatas dua buah lingkaran yang berbentuk elips. Dua garis diatas lingkaran melambangkan alis dan kedua lingkaran pipih dibawahnya melambangkan mata.

Sebetulnya lukisan tersebut dapat diartikan sebagai sepasang mata yang senantiasa melihat kesulitan dan kesusahan masyarakat di Kabupaten Maluku Tenggara.

Bersamaan juga Wakil Bupati Maluku Tenggara, Petrus Beruatwarin juga mengukir beberapa garis yang menghubungkan lukisan kedua mata dari Bupati Thaher. Petrus Beruatwarin tampil mencoret coret dengan dua garis sejajar yang melengkung keatas disertai dua garis buka kurung dan tutup kurung dibawahnya. 

Sebetulnya coretan-coretan mural Wakil Bupati, Petrus Beruatwarin dilihat kasat mata menyerupai bentuk sebuah hidung seorang pimpinan yang peka terhadap tantangan dari dalam maupun luar Pemerintahan.

Dapat disimpulkan bahwa, coretan-coretan dari kedua gambar Mural Bupati dan wakil Bupati adalah falsafah hidup masyarakat suku Kei "Ain Ni Ain" yang saling membutuhkan satu sama lainnya.

Kompetisi Mural adalah cara Menggambar/Melukis diatas dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya.

Ide lomba Mural yang merupakan awal dari rangkaian peringatan hari Nen Did Sakmas yang ke-5 tahun ini langsung diisi oleh Bupati Maluku Tenggara.

Lukisan Mural yang dilaksanakan secara kasar mata mengisahkan tentang Sejarah perjalanan Nen Dit Sakmas yang dibagi dalam 11 scene untuk 11 peserta lomba dan dimulai hari ini tanggal 4 - 7 September 2023. Dan para pemenang akan diumumkan pada acara puncak Nen Dit Sakmas tahun 2023.

Peserta lomba Mural antara lain:
1. Cristo Songjanan.
2. Armita Tamher.
3. SMP Budhi Mulia Langgur.
4. Billy Laipiopa.
5. Neles Jamlean.
6. Udin Jalmaf.
7. Azwar Leisubun.
8. Attyo Difinubun.
9. Idris Tamher.
10. SMP Karel Satsuitubun.
11. SMP Karel Satsuitubun.

Sebagai Dewan Juri yaitu:
1. Emus Larmawata.
2. Julius Faubun.
3. Kepala Dinas Kebudayaan, Drs. Abraham Rejaan.

Dengan Dewan Juri Kehormatan adalah M. Thaher Hanubun, memperebutkan bonus:
Juara 1 Rp.7.000.000.
Juara 2 Rp.5.000.000.
Juara 3 Rp.3.000.000. (DS)
Maluku Tenggara 1091088219810686974

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC