Loading...

Remaja Malteng Diminta Perangi Kekerasan Seksual

MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Program Ketahanan Remaja dengan Icon Generasi Berencana (GenRe) menjadi salah satu Program yang dituntut untuk melakukan Transformasi secara terus menerus sesuai dengan Situasi dan Kebutuhan Sasaran Program, yaitu Remaja Usia 10-24 tahun.

Workhsop Modul Upgrade Tentang Kita, Life Skill dan Kekerasan Seksual akan melengkapi Substansi yang akan diimplementasikan oleh Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) dengan Metode Teman Sebaya (Peer To Peer).

Dalam Fokus itulah maka Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku melalui Tim Kerja Ketahanan Remaja bersama dengan Forum GenRe Indonesia Provinsi Maluku di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) mengadakan Kegiatan Workshop Upgrade Modul "Tentang Kita" Life Skill dan Kekerasan Seksual bagi Fasilitator Kabupaten Malteng bertempat di Hotel Sinar, Kota Masohi pada, Kamis (04/08/2023).

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku, Renta Rego dalam arahannya mengatakan, Interaksi antara Teman Sebaya yang baik akan sangat dibutuhkan bagi Perkembangan Sosial pada Remaja.

Menurut Renta, sesuai Perkembangannya, Remaja membutuhkan Lingkungan yang mendukung bagi Kehidupan dan Pergaulan mereka, salah satunya diperoleh dari Teman Sebaya.

Pengalaman ini membuktikan bahwa, Remaja merasa Nyaman untuk Berbagi dan Bercerita dengan Teman Sebayanya.

“Kenapa Teman Sebaya dalam Konteks Peningkatan Kualitas Keterampilan Hidup Sosial pada Remaja merupakan Actor Utama untuk saling mempengaruhi pada Hal-hal yang Positif..? tanya Renta.

Konstituen Program GenRe adalah Remaja, sehingga perlu Keterlibatan Remaja dalam berbagai Aspek serta menjadikan Remaja sebagai Tonggak Utama Pelaksanaan Program dari Hulu ke Hilir.

Program yang bergerak dibidang Perencana Keluarga (Family Planning) dan Kesehatan Reproduksi harus Berkomitmen untuk melibatkan Remaja secara Bermakna dan Sistematis.

Remaja sebaiknya menjadi titik Pusat Perhatian dengan Pengakuan sebagai Pemegang Hak yang Beragam dan Berdaulat.

Renta berharap, seluruh Remaja di Malteng mendapatkan Informasi yang menyeluruh untuk membangun Asertifitas Remaja agar mampu membuat Perencanaan Masa Depan mereka menjadi lebih baik, sesuai dengan Transisi Kehidupan Remaja yang meliput: Praktik Hidup Sehat, Melanjutkan Sekolah, Mencari Pekerjaan (Mapan secara Ekonomi), Menjadi Anggota Masyarakat (Mapan secara Sosial) dan Memulai Kehidupan Berkeluarga.

Dikatakan, melalui Penguasaan Life Skill Remaja dapat melawan tantangan dan melindungi diri mereka dari Kehamilan Remaja, PMS, HIV/AIDS, Penyalahgunaan Napza, Pelecehan Seksual dan banyak masalah Kesehatan lainnya.

Dalam Aspek lain, Life Skill juga sangat Terkait dengan hal Sipil dan Politik yang dimiliki Remaja sebagai Warga Negara.

Pengambilan Keputusan oleh Remaja yang Tekait dengan Kehidupannya merupakan bagian dari Aktualisasi Hak tersebut.

Seiring dengan mulai diperolehnya Hak Berpartisipasi dalam Politik dalam hal ini memilih dan dipilih, tidak sedikit Remaja semata "Dipandang" sebagai Objek Politik yang hanya dimanfaatkan dalam Proses Pemilu/Pilkada atau bahkan Apatisme karena menganggap Politik urusan Orang Dewasa, Politik adalah Soal Kekuasaan dan lain sebagainya.

Melalui kegiatan ini, Pemahaman Remaja tentang Life Skill dan Penerapannya dalam Pengambilan Keputusan dan Tindakan Positif untuk melindungi dirinya dan meningkatkan Kesehatan dan Hubungan Sosial yang Positif semakin meningkat.

Sementara itu, Tim Kerja Ketahanan Remaja Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku, Muhammad Akbar mengatakan, Kegiatan ini adalah Lanjutan Kegiatan Workshop Tentang Kita yang sudah pernah dilaksanakan di tahun 2022.

Saat ini Pengembangan Materi dan Media Modul Tentang Kita berfokus tentang Kekerasan Seksual.

Akbar berharap, kedepan akan tersedia Fasilitator yang Terlatih disetiap Kelompok PIK Remaja sehingga dapat memfasilitasi Remaja diwilayah Masing-masing.

Untuk diketahui, Turut hadir dalam Kegiatan tersebut: Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku, Renta Rego, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Malteng, M. Talaohu, Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku, Mien Ubro, Ketua Tim Kerja ADPIN, Marthin Manuputty, Ketua Tim Kerja KSPK, Abdul Kadir Pelluw, Forum GenRe Kabupaten Malteng serta 30 Orang Peserta terdiri dari PIK Remaja, Konselor sebaya, Pendidik Sebaya yang ada di Kabupaten Malteng. (MCO)
Malteng 5975133101202044589

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC