Loading...

Bupati Launching Perkuliaan Tenaga Guru di Malra

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun Melaunching perkuliahan dalam rangka Penyelenggaraan Pendidikan bagi Tenaga Guru kerjasama pemerintah daerah dengan FKIP Unpatti Ambon bertempat diaula kantor Bupati Maluku Tenggara, Kamis (01/06/2023).

Launching ditandai dengan pemukulan tipa oleh Bupati Maluku Tenggara dan Dekan FKIP Unpatti Ambon, Prog. DR. Izak Weno, M.Pd.

Lonching tersebut dihadiri oleh 300 guru ASN maupun non ASN dilingkup Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara yang merupakan calon Mahasiswa FKIP Unpatti Ambon kerjasama Pemkab Malra dan Unpatti Ambon.

Dalam sambutanya Bupati Thaher menyampaikan bahwa, kegiatan ini adalah tindaklanjut dari penandatanganan MoU bersama Rektor pada 12 Mei yang lalu di Ambon.

Untuk itu, atas nama Pemerintah Daerah saya menyampaikan terima kasih kepada Rektor, Dekan FKIP dan seluruh Civitas Akademika sehingga seluruh tahapan agenda ini, mulai dari perencanaan sampai dengan implementasi dapat berjalan dengan lancar.

"Tentu ini komitmen kedua Lembaga ini, didorong oleh semangat untuk memajukan kualitas dan akses Pendidikan yang bermutu di Maluku Tenggara," ungkapnya.

Bagi saya, Kualitas dan akses Pendidikan sangat penting dan mutlak diperlukan, karena hanya dengan Pendidikan kemajuan bangsa dan daerah bisa tercapai. Perkembangan global atau yang kita kenal dengan Revolusi Industri 4.0 (Four Poin Zero) mendorong bangsa dan setiap daerah, harus melakukan perubahan dan terobosan. 

Dan dimensi yang dinilai sangat strategis adalah pengelolaan Pendidikan. Untuk itu, Kualitas tenaga pendidik harus benar-benar disiapkan, termasuk tuntutan regulasi yakni UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru yang mengamanatkan Guru harus berpendidikan minimal D4/S1.

Bupati Thaher juga mengatakan, kami informasikan kembali bahwa Jumlah Tenaga Guru di Kabupaten Maluku Tenggara yang belum D4/S1 berjumlah 411 Orang. Mudah-mudahan dengan kebijakan kemitraan ini, dalam waktu 1 atau 2 tahun seluruh Tenaga Guru di Maluku Tenggara baik yang ASN dan Non ASN, yang sudah mengabdi di Maluku Tenggara dapat dituntaskan ke jenjang S1. Dengan demikian Tenaga Guru kita ASN sudah memenuhi persyaratan untuk dapat diangkat dalam Jabatan Fungsional Guru dan bagi yang Non ASN bisa melamar kedalam Formasi P3K Guru.

"Komitmen ini sekaligus sebagai perwujudan Visi dan Misi kami sejak Terpilih, sebagaimana tercantum dalam RPJMD 2018-2023 yang menekankan pada pentingnya Kualitas Sumber Daya Manusia," ujarnya.

Ditinjau dari akses dan daya jangkau, dukungan konektivitas berupa Jaringan 4G, kami harapkan bisa mendukung kelancaran proses pembelajaran dengan menggunakan Teknologi Informasi, dimana Peserta Pendidikan pada saatnya nanti dapat mengikuti perkuliahan tanpa harus meninggalkan tempat tugas.

Bupati Thaher juga menjelaskan bahwa, pihaknya dalam hal ini Pemerintah Daerah akan membiayai secara penuh penyelenggaraan pendidikan ini melalui APBD. kami berharap, Tenaga Guru yang ditetapkan sebagai peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan penuh kedisiplinan, ketekunan dan tanggungjawab yang tinggi.

Belajar itu tidak mengenal usia dan sampai kapanpun kita akan selalu dihadapkan dengan Belajar. Inilah kesempatan penting Saudara-saudara, jangan pernah sia-siakan dan manfaatkanlah untuk menambah wawasan dan pengetahuan saudara.

"Para pengajar atau dosen yang akan mendampingi saudara, tentu memiliki Kualifikasi, kapasitas dan kompetensi yang memadai," ucapnya.

Bupati Thaher juga berharap, mudah-mudahan apa yang diberikan menjadi bekal saudara untuk mendidik generasi bangsa, khususnya di Kabupaten Maluku Tenggara. 

Kepada Dekan FKIP dan Civitas Akademika, sekali lagi kami menyampaikan terima kasih atas bantuan dan fasilitasinya, semoga kemitraan yang sudah terbangun saat ini, akan dapat berlanjut dimasa yang akan datang, bukan hanya dibidang Pendidikan, namun sector pembangunan lainnya.

Akhirnya dengan senantiasa mengharapkan Ridho dan Pertolongan Tuhan Yang Maha Esa, Launching Peningkatan Kualifikasi Akademik Guru Kerjasama Pemerintah Daerah dan FKIP Unpati Ambon, secara resmi. (DS)
Maluku Tenggara 9155849860740381588

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

IKLAN

TRENDING TOPIC