Loading...

Bupati Buka Bimtek Pariwisata di Ohoidertawun

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun menyampaikan, Kabupaten Maluku Tenggara memiliki setidaknya 76 objek wisata potensial yang indah, yang tentu masih memerlukan jamahan investor untuk menjadikan semua potensi wisata ini berkelas dunia.

Pernyataan ini, disampaikannya pada saat membuka membuka Kegiatan Bimbingan Teknis yang digelar oleh Direktorat Pengembangan Destinasi Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur  Kemenparekraf RI yang digelar di Ohoi Ohoidetawun, Kamis (16/03/2023).

Dijelaskan, selain, objek wisata bahari, kami juga memiliki potensi wisata rohani, wisata budaya serta wisata kuliner yang dapat kami andalkan pada tanggal 7 Desember 2021 yang lalu, disaampaikan juga bahwa Desa Wisata Ngilngof mendapat juara satu untuk kategori Desa Wisata Maju dalam Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.  Desa Ngilngof ini merupakan satu-satunya perwakilan Maluku yang menembus 50 besar yang diikuti oleh 1.831 Desa dari seluruh Indonesia.

Disampaikan Bupati bahwa, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bapak Sandiaga Uno begitu kagum dengan potensi wisata yang kami miliki, beliau tertarik dengan keragaman kuliner yang salah satunya adalah Enbal, yang terbuat dari Ubi Beracun karena mengandung Sianida.

Bupati juga katakan, pantai Ngiarwarat Ohoidertawun memiliki tekstur pasir menyerupai yang ada di Desa Ngilngof yang berdasarkan National Geografic disebut sebagai Pasir Terhalus di Dunia namun yang Pemerintah Daerah butuhkan hanyalah perhatian serius dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi Maluku.

Dijelaskan pula, secara geografis, Nuhu Yut (Pulau Kei Besar) di Kabupaten Maluku Tenggara ini, termasuk dalam Kawasan Strategis Nasional Tertentu (KSNT). Berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor: 6 Tahun 2017 tentang Penetapan Pulau-pulau Kecil Terluar.

Dia melanjutkan, berdasarkan Peraturan Presiden RI  Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2020-2024, Kabupaten Maluku Tenggara Termasuk dalam Major Project dan Proyek Prioritas di 7 Wilayah Pembangunan berdasarkan Prioritas Nasional 2 (PN 2) yakni: "Mengembangkan Wilayah Untuk Mengurangi Kesenjangan dan Menjamin Pemerataan" serta Prioritas Nasional 5 (PN 5) yakni: "Memperkuat Infrastruktur Untuk Mendukung Pengembangan Ekonomi dan Pelayanan Dasar" untuk itu, Kabupaten Maluku Tenggara ini, sangat layak untuk mendapat perhatian serius dari Pemerintah Pusat.

Bupati berharap, lewat bimtek ini agar sekiranya seluruh peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan serius dan setelahnya agar dapat di implementasikan pada Desa Wisata yang dikelola masing-masing, kita harus punya Ngilngof-ngilngof baru sehingga, wisatawan punya banyak pilihan ketika datang dan menikmati keindahan alam Maluku Tenggara.

Atas nama Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Maluku Tenggara, saya Sampaikan Rasa Terima Kasih yang setinggi-tinggi atas kesediaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atas perhatiannya bagi pengembangan desa wisata di Maluku Tenggara. (DS)
Maluku Tenggara 3677499450126464635

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC