Loading...

Bupati Malra Hadiri Tradisi Bakar Batu

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Bupati Maluku Tenggara, Muhamad Thaher Hanubun bersama Ketua TP PKK Maluku Tenggara, Eva Eliya Hanubun, menghadiri acara tradisi bakar batu (Umun) yang dilaksanakan di Ohoi Yafavun oleh Pemerintah Kecamatan Kei Kecil Timur, Sabtu (04/02/2023).

Kegiatan yang digelar Pemerintah Kecamatan Kei Kecil Timur ini, disambut apresiasi semua pihak, pasalnya kegiatan tradisi orang kei ini, sudah jarang dilakukan masyarakat adat setempat, sehingga dengan digelarnya tradisi tersebut diharapkan dapat mempersatukan semua lapisan masyarakat yang berada ditanah Evav ini, dihadiri juga Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Maluku Tenggara dan pengurus PKK Kabupaten Malra.

Menyikapi maraknya berbagai kasus konflik sosial yang terjadi ditengah-tengah masyarakat Kei akhir-akhir ini, yang merusak tatanan hidup orang Kei Ain Ni Ain-Ain Yanan Ubun Ain, mendesak Pemerintah Kecamatan Kei Kecil Timur dan sejumlah Ohoi-Ohoi Kecamatan ini menggelar acara bakar batu yang bertujuan untuk mempersatukan masyarakat Kei.

Kesempatan tersebut, Bupati Maluku Tenggara menjelaskan tradisi Umun (Bakar Batu) merupakan kearifan lokal yang saat ini jarang dilaksanakan oleh generasi milenia, menurutnya Umun bertujuan dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan antar sesama masyarakat, membangun silaturami antar umat beragama dan melesatarikan nilai-nilai tradisi lokal warisan leluhur.

Tradisi umun juga memberikan pelajaran kepada masyarakat tentang arti kebersamaan saat menikmati dan mengelolah hasil-hasil kebun serta hasil tangkapan dari laut.

Pembagian hasil umun atau hasil bakar batu harus merata dan adil yang pembagiannya dimulai dari orang tua sampai ke anak-anak.

Semua orang harus mendapat bagian dari hasil bakar batu (Umun) tersebut. Melestarikan nilai-nilai Saling memberi dan saling menerima. Saling melayani dan saling tolong menolong. (LK)
Maluku Tenggara 459408680869120466

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC