Loading...

Tiga Bulan Sasi Darat Pemerintah Ohoi Namar Resmi Membuka Sasi

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Pemerintah Ohoi Orangkay Namar Resmi Membuka Sasi Yutut nangan(Sasi darat) setelah tiga bulan memberlakukan sasi tanaman umur Panjang kelapa di Ohoi Namar, Minggu (11/12/2022).

Kepala Ohoi Orangkay Namar Anthonius.K. Sirwutubun S.Ip kepada media ini membenarkan hal tersebut bahwa pihaknya telah membuka sasi darat pada hari minggu tanggal 11 Desember 2022 di Ohoi Namar.

"Pemerintah ohoi orangkay Namar melaksanakan ritual adat membuka kembali sasi   Yutut Nangan kelapa dan tanaman umur panjang lain setelah  sasi Yutut di laksanakan 3 bulan dan tepat hari minggu  tanggal 11 Desember resmi di buka kembali untuk masyarakat" ungkapnya.

Sirwutubun menjelaskan bahwa ritual adat digelar sebelum sasi ditanam dan diberlakukan selama tiga bulan dan pada saat sasi dibuka pada waktunya setelah tiga bulan sebelum dibuka digelar dulu adat sebelum mencabut dan membuka sasi tersebut.

"jadi sebelum sasi diberlakukan kami mengawali dengan ritual adat baru menanam dan sasi diberlakukan di ohoi dan sesudah tiga bulan berlaku pada hari minggu kemarin ritual adat kami gelar baru bisa mencabut dan membuka sasi tersebut," ujarnya.

Dirinya menambahkan bahwa yang hadir pada ritual adat untuk membuka sasi adalah,dia orangkay Namar,ketua bso ,staf ,lembaga adat dan sebelumnya  didahului dengan doa adat dan melepaskan kelapa dan sasi oleh orangkay dan ketua bso.

Menurut Sirwutubun tujuan diberlakukanya Yutut atau sasi  untuk melestarikan tatanan adat yang sudah di bangun oleh leluhur dan juga agar  menjaga supayav orang tidak sembarangan  mengambil  barang atau tanaman milik orang lain.

Acra ritual adat pencabutan sasi darat pohon kelapa dan tanaman umur panjang lainya  berjalan aman dan lancar. (DS)
Maluku Tenggara 4623692846509920383

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC