Loading...

Warga Suku Bati Protes Seismic Migas, Pemda SBT Bersikap

BULA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Warga Suku Bati di Kecamatan Kiandarat Daratan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) memperotes Aktivitas Perusahaan Eksplorasi Seismic Migas di Wilayah itu.

Sudah beberapa kali Warga bersama Mahasiswa dan Aktivitas Lingkungan di Daerah ini melakukan Aksi Protes, diantaranya melalui Demonstrasi di Kota Bula serta di Jakarta.

Warga Suku Bati Protes Seismic Migas tersebut, karena tidak ingin Hutan Adat mereka Rusak Akibat Aktivitas Perusahaan Eksplorasi Seismic Migas tersebut.

Apalagi, menurut Warga pihak Perusahaan tidak memberikan Sosialisasi yang Maksimal kepada mereka, sehingga mereka tidak memahami secara baik tentang rencana serta tujuan Aktivitas Perusahaan tersebut.

Hal itu kembali disampaikan Warga Bati saat menemui Bupati Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas pada, Kamis (12/10/2022).

Dihadapan Bupati Abdul Mukti Keliobas yang didampingi Wakil Bupati Idris Rumalutur dan Sekretaris Daerah (Sekda) Djafar Kwairumaratu diaula Pandopo Bupati SBT, Warga Bati berharap, Pemerintah Daerah (Pemda) memberikan Perhatian pada masalah tersebut.

"Kami tidak Menolak Investasi, kami hanya minta jangan ada Aktivitas Perusahaan di Bati Kelusi4, karena itu Hutan Adat yang kami Rawat sejak Leluhur kami," ungkap Koordinator Warga Bati, Zainuddin Kelsaba. 

Setelah mendengar Penjelasan Warga tersebut, Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas mengatakan, Izin Perusahaan Eksplorasi Seismic Migas tersebut bukan Kewenangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab), sehingga, Pemkab SBT tidak dapat berbuat banyak.

"Tapi nanti saya sampaikan masalah ini kepada Gubernur Maluku, kemudian dicari jalan keluarnya," ujarnya. 

Keliobas menegaskan, ia akan berupaya agar ada Perwakilan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku yang datang di SBT, guna mendengar secara langsung Aspirasi Warga Bati, agar dapat ditentukan jalan keluarnya.

"Bila perlu nanti kita undang Pihak Perusahaan juga, agar sama-sama kita melihat Persoalan ini secara baik," tutupnya. (***)
Seram Bagian Timur 1211614752405002869

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC