Loading...

Dinas PMD Kota Tual Siap Gelar Pilkades Gelombang Pertama

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Tual Nomor 5 Tahun 2020 Pasal 15 mengamanatkan bahwa, Pemilihan Kepala Ohoi/Finua hanya dapat dilaksanakan apabila Badan Saniri Ohoi/Finua Telah membentuk Panitia Pemilihan Kepala Ohoi/Finua.

Saat ini Keberadaan Badan Saniri Ohoi/Finua yang telah Terbentuk dan Siap untuk Menggelar Pemilihan Baru 5 Ohoi Masing Masing Desa Taar, Desa Tual, Desa Dullah, Desa Lebetawi dan Desa Tamedan.

Penjelasan Tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kota Tual, Ghufroni Rahanyamtel kepada Media ini usai Mengikuti Pelantikan Pejabat Eselon II, III, IV di Balai Kota Tual, Selasa (04/10/2022).

Rahanyamtel melanjutkan bahwa, ada 4 Ohoi yang telah Siap menggelar Pemilihan Kepala Ohoi masing-masing Desa Dullah Laut, Fiditan, Ohoitahit dan Ohoitel namun BSO nya terlembat Terbentuk sehingga mereka akan menggelarnya pada gelombang berikut.

Sementara untuk Kecamatan Pulau Pulau Kur dan Kur Selatan seluruh BSFnya telah Terbentuk namun Kendalanya adalah hingga saat ini Raja Kilmas belum dikukuhkan, sementara untuk Raja Kilsoin Telah Selesai dan untuk Kecamatan Kur Selatan nantinya diusahakan bersamaan dengan Finua Finua yang ada di Kecamatan Pulau Pulau Kur.

Lebih lanjut Rahanyamtel katakan, Khusu Untuk Kecamatan Tayando Tam mengalami kendala yang sama sebab hingga sekarang Pengukuhan Raja Yarbadang belum Tuntas mengakibatkan seluruh Tahapan Pilkades di kecamatan tersebut tertunda.

Dalam Perda Nomor 5 Tersebut diamanatkan  bahwa semua Calon Kepala Ohoi atau Finua Wajib mendapat Rekomendasi dari Raja pada Ratschapnya, sehingga ketika Raja belum dikukuhkan maka belum ada Rekomendasi.

"Ketika ditanya tentang kesiapan Dinas PMD sendiri seperti apa Rahanyamtel katakan bahwa Dinasnya akan mempercepat Proses Pemilihan Kepala Desa/Ohoi/Finua ini mengingat pada Tanggal 01 November 2023 nanti akan ada Morotarium Pilkades hingga Tahun 2025 sehingga pihaknya akan berlomba dengan waktu dalam menyelesaikan agenda Pilkakades ini," tutup Rahanyamtel. (MCS)
Tual 5532979500276257490

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

TRENDING TOPIC