Loading...

Bupati Resmikan Gedung Pusat Keunggulan SMK Siwalima Langgur

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun secara resmi meresmikan Gedung baru Milik SMK Siwalima Langgur yang dikerjakan langsung oleh Anak-anak didik sekolah terebut.

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti. Ketua DPD Kota Tual, Hassan Syarifudin Borut juga hadir sebagai ketua Alumi sekolah Kejuruan tersebut.

Dalam sambutanya Bupati Thaher ungkapkan, dimasa jayanya SMK Siwalima Santo Yosep Langgur dulu bernama STM Langgur PT. Dirgantara Indonesia yang dulunya bernama PT. Nurtanyo pernah memanfaatkan lulusan SMK Siwalima Santo Yosep Langgur untuk pengembangan Pesawat Terbang Indonesia dan sederet Prestasi lain dikancah Nasional maupun di Provinsi Maluku.

Hal ini saya mau ungkapkan agar seluruh jajaran SMK Siwalima Santo Yosep Langgur dapat terus termotivasi untuk menjadikan almamater ini diperhitungkan distrata Nasional.

Bupati Thaher sampaikan bahwa, hal tersebut diungkapkan bukan tanpa alasan, karena telah terbukti terpilihnya SMK Siwalima Santo Yosep Langgur sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan di Provinsi Maluku.

Itu berarti, masih ada kepercayaan dan harapan yang besar bagi SMK Siwalima ini untuk terus bangkit dan menjadi SMK Pusat Keunggulan sekaligus Pusat Pendidikan Vokasi di Kawasan Indonesia Timur. Itu harapan terbesar Pemkab Malra.

Bupati Thaher juga pada saat yang sama menjelaskan, bahwa pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia unggul Indonesia, salah satunya dengan menerbitkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 29/D/DM/2021 tentang Penetapan Sekolah Menengah Kejuruan Pelaksana Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan Tahun 2021 tahap II dimana SMK Siwa Lima Santo Yosep Langgur di Maluku Tenggara bersama SMK Negeri 1 Buru, dan SMK negeri 2 Seram Bagian Barat ditetapkan sebagai sekolah pelaksana program.

Kalau dilihat, dua sekolah lainnya adalah sekolah negeri yang tentu dibiayai Negara sehingga pantaslah kalau akses akan semakin besar dimiliki, namun SMK Siwalima Santo Yosep Langgur adalah satu-satunya sekolah swasta yayasan Katolik yang mandapat program tersebut. Itu berarti memang kualitas SMK yang satu ini tidak diragukan lagi.

Dirinya juga ungkapkan untuk menerima program ini, ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi dan SMK Siwalima Santo Yosep Langgur telah memenuhi syarat vokasi dibidang permesinan dan konstruksi.

SMK Siwalima Santo Yosep Langgur ini juga diharapkan menjadi contoh bagi SMK yang ada di Malra, agar kedepan nanti Malra akan lebih baik dalam hal pendidikan vokasi.

Untuk diketahui, bengkel yang dimiliki oleh SMK Siwalima Santo Yosep Langgur adalah satu-satunya di Malra yang memiliki peralatan digital untuk menjamin mutu pemeliharaan dan perawatan kendaraan bermotor, serta akan dibuka sebagai bengkel umum, sehingga kegiatan pelatihan bagi para siswa akan lebih komprehensif.

Saya berharap, kedepannya SMK Siwalima ini dapat membangun Kerjasama dengan berbagai pihak sehingga bengkel ini dapat menjadi alternatif pembiayaan atas operasional sekolah. Semoga kedepan, SMK yang ada di Malra dapat mencontohi SMK Siwalima Langgur agar kedepan, Malra akan lebih baik dalam hal Pendidikan Vokasi.

Untuk diketahui bahwa, Sebelum Bupati meresmikan Gedung tersebut awalnya Bupati dijemput keluarga besar SMK Siwalima Langgur dengan tarian penjemputan oleh anak didik sekolah tersebut. (DS)
Maluku Tenggara 1661281184515141559

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC