Loading...

Dispersip Kota Tual Hadirkan 3 Inovasi

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Tual Terus Berbenah setiap Saat, hal ini dibuktikan dengan Gerakan Nasional Sehari Tanpa Nasi yang sudah masuk Agenda Nasional.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tual, Moksen Renwarin Kepada Media ini, Jumat (24/06/2022). katakan, Gerakan Sehari Tanpa Makan Nasi adalah sebuah Inovasi yang dapat diartikan sebagai Gerakan Moral untuk kembali Mengkonsumsi Pangan Lokal khas Kei, dan sekaligus Mengajarkan kepada Generasi Muda Kei bahwa, walau Tidak Makan Nasi pun Kita tetap Kenyang walau dengan Pangan Lokal.

"Sementara Berbahasa Ibu Mengajarkan kepada Generasi Muda bahwa, di Kota Tual terdapat 3 Rumpun Bahasa Lokal yakni Bahasa Kei, Bahasa Kur dan Bahasa Banda Eli yang Hampir Punah," ungkap Renwarin.

Sehingga, tanggungjawab Generasi Muda adalah Melestarikannya sehingga Dispersip Kota Tual juga Mewajibkan Para Pegawai dan Stafnya untuk setiap Hari Jumat Wajib berbahasa Ibu. Dan terakhir adalah Inovasi Bacalah yang Menjadi Inovasi Unggulan Dispersip Kota Tual yakni Gerakan Membaca sejak Usia Dini.

"Sehingga, terbentuk Karakter Anak yang Mampu Melihat dan Memahami Dunia Lewat Bacaan dan Alhamdulillah sudah Menjadi Perhatian Pemerintah Pusat," tutup Renwarin. (MCS)
Tual 6194919538560022124

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC