Loading...

Era Kebangkitan Covid-19, RSUD Umarella Tulehu Prioritaskan Program Pendidikan Kesehatan

AMBON, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Pendidikan Kesehatan merupakan salah satu Program yang diprioritaskan di Rumah Sakit Dr. Ishak Umarella Tulehu, setelah dua tahun lebih dilanda Pandemi Covid-19.


"Saat ini, saatnya Membangkitkan Program-program Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Umarella dan Program yang menjadi Prioritas adalah Mencerdaskan masalah Kesehatan bagi masyarakat," kata Direktur RSUD Dr. Ishak Umarella dr. Dwi Murti Nuryanti, M.Sc, Sp.A kepada Media ini diruang kerjanya, Jumat (18/03/2022).


Menurutnya, Tahun 2022 secara Nasional maupun Internasional Merupakan Era Kebangkitan dari Keterpurukan karena Pandemi Covid-19 yang terjadi selama dua Tahun lebih.


Untuk saat ini Angka Terkonfirmasi semakin Menurun, dan Cakupan Vaksinasi semakin Tinggi serta Kesadaran Masyarakat untuk di Vaksin maupun Melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) semakin tinggi.


Untuk mewujudkan Program Pendidikan Kesehatan bagi Masyarakat, saat ini Rumah Sakit (RS) Dr. Ishak Umarella sementara Memperkuat Pasukan Promosi Kesehatan RS.


Untuk itu, Promosi Kesehatan yang Pertama dilakukan, adalah bagi Personil RS itu sendiri, selanjutnya dilakukan bagi Pengunjung dan Pasien.


Dijelaskan, Promosi Kesehatan akan dilakukan secara Berkala dan setiap hari, baik Terkait Prokes maupun Penyakit-penyakit yang Bakal Menjadi Berat tetapi bisa dicegah.


"Contohnya, kalau Influenza, Batuk Pilek bila sampai Terinfeksi Covid-19, maka itu Menjadi Berat," ucap Dwi Murti Nuryanti.


Untuk itu, yang harus dipertajam adalah Area Promosi, bukan hanya dalam RS tetapi juga dilingkungan sekitar RS, yang mana nantinya Bekerjasama dengan Puskesmas.


Dwi Murti menambahkan, RSUD Umarella Tulehu dari dulu sampai sekarang ada satu Program yaitu Sailing Medical Service (SMS) yang Melayani Kesehatan dari Pulau ke pulau.


Terkait dengan Program Pendidikan Kesehatan yang menjadi Prioritas RS menurut Dwi Murti, didukung oleh SDM dan Peralatan yang baik.


Ia menambahkan, untuk Tahun ini RS Umarella mendapat penambahan SDM yaitu Dokter THT, Dokter Bedah Mulut dan Tahun kemarin Dokrer Jantung.


"Terkait dengan Alat-alat menurut Dwi Munarti, untuk Penyakit Jantung alat-alat sudah dilengkapi sehingga untuk Melakukan Cek Up sudah bisa dilakukan," ujar Dwi Murti Nuryanti.


Sedangkan untuk alat-alat Bedah Mulut untuk Tahun ini sementara dilengkapi, sedangkan Alat THT sedang dilengkapi dari Anggaran Tahun ini.


Untuk itu, Dwi Murti berharap ke depan Masyarakat harus lebih sadar terhadap Kesehatan Pribadi maupun Lingkungan.


"Sehingga saat ada yang dibawa masuk ke RS, dengan berbagai Aturan dimasa Pandemi maupun Endemi bisa bekerjasama, agar hari Rawat menjadi pendek, pulang dalam Keadaan Sehat dan Mencegah terjadi Penularan atau Sakit yang lebih berat," tutup Dwi Murti Nuryanti. (MCO)

Malteng 5419585337128273697

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC