Loading...

Dinas Ketapang Kota Tual Dorong Pemanfaatan Lahan Pekarangan Secara Maksimal

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tual, Sarmin, SP terus mendorong dan Mengoptimalkan Lahan Pekarangan dengan Tanaman Pangan untuk Kebutuhan Pangan Keluarga.

Hal ini selain sebagai Ketahanan Pangan Keluarga disaat dan Pasca Pandemi Covid-19 juga untuk mendukung Ketersediaan Pangan yang cukup untuk memenuhi Kebutuhan Pangan Keluarga.

Sarmin, ketika ditemui Media ini di ruangannya, Jumat (25/02/2022) juga katakan bahwa, Hasil Tanaman Pangan di Areal Pekarangan selain untuk Konsumsi sehari hari, juga dapat diolah sebagai Aneka Kue yang dapat menambah Pendapatan Keluarga.

"Kadis mencontohkan Pengolahan Singkong menjadi Mocaf (Modified Cassava Flour) dan Produk turunannya (Aneka Kue) juga Pengolahan Ubi menjadi Dodol, Kue Bolu dan Keremes Ubi saat ini bahkan telah menjadi Home Industri bahkan sudah Go Internasional," ungkap Sarmin.

Kegiatan bercocok tanam atau beternak di Lahan Pekarangan ini dapat memberi keuntungan ganda, yaitu mengurangi Kejenuhan berdiam di rumah dengan Kegiatan bermanfaat dan memperoleh Pangan sehat untuk Keluarga sekaligus mengurangi Pengeluaran untuk membeli bahan Pangan.

Oleh sebab itu, Kegiatan Pemanfaatan Lahan Pekarangan tidak hanya dilakukan pada saat Pandemi Covid-19 saja tetapi diharapkan terus dilakukan secara berkelanjutan artinya Masyarakat yang Memanfaatkan Lahan Pekarangan sebagai Sumber Pangan Keluarga harus berupaya agar Produktivitas Lahan Pekarangan tetap berlangsung dengan basis Sumberdaya Tanaman/Ternak.

"Selain berkelanjutan secara Ekonomis, Keluarga atau Rumah Tangga dapat mencukupi Kebutuhan Pangannya dari Pekarangan sekaligus mampu Mengembalikan Tenaga dan Biaya yang dikeluarkan dari Kegiatan Pemanfaatan Lahan Pekarangan tersebut," tutup Sarmin. (MCS)
Tual 6789175809508588724

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC