Loading...

Mewakili Bupati, Asisten II Buka UKW Yang Diselenggarakan PWI Malteng

MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Mewakil Bupati Maluku Tengah, Hi. Tuasikal Abua, SH Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setda Malteng M. Bahrum Kalauw, membuka secara Resmi Pelaksanaan Kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Selasa (28/12/2021).

Guna meningkatkan Keprofesionalan dan Profesionalisme para Wartawan yang ada di Kabupaten Maluku Tengah, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Maluku Tengah Menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW), dengan Tema: Membentuk Wartawan yang Profesional dan Berkompeten demi menjaga Muruah Pers.

Adapun pelaksanaannya selama dua hari, yang diikuti oleh 12 peserta UKW, Mulai dari Tanggal 28 s/d 29 Desember 2021, yang bertempat di Hotel Lelemuku, Kota Masohi.

Di kesempatan ini pula, Bupati Maluku Tengah, Abua Tuasikal dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten II Seda Malteng mengatakan bahwa, Atas nama Pemerintah Daerah, saya sangat Mendukung dan Mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini, karena dengan adanya Uji Kompetensi Wartawan ini, akan menjadikan para Jurnalis lebih Profesional dalam bekerja sesuai dengan prinsip-prinsip Jurnalistik yang diatur dalam ketentuan perundang-undangan. 

Di samping itu, Efek Positifnya juga akan dirasakan oleh masyarakat, Sebab berita-berita yang disajikan menjadi lebih Berkualitas dan Terpercaya. 

Dalam Era Globalisasi seiring dengan Kemajuan Pengetahuan, Teknologi Informasi dan Komunikasi seperti saat ini, setiap sendi-sendi kehidupan, Kebutuhan dan tuntutan masyarakat pun terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

"Kebutuhan Masyarakat Moderen di Era ini, sudah tidak lagi sebatas hanya pada Kebutuhan Pangan, Sandang dan Perumahan saja, Melainkan juga Kebutuhan akan Komunikasi serta Informasi yang cepat, Akurat, Objektif dan tidak Diskriminatif," ungkapnya.

Tuasikal pun menganggap bahwa, Peranan Media, baik Media Elektronik, Media Online maupun Media Cetak sangatlah besar pengaruhnya bagi Peradaban Dunia saat ini. Sebab melalui Media, segala Informasi, Peristiwa dan kejadian-kejadian penting yang ada di belahan Bumi ini dapat kita ketahui tanpa harus berada di tempat terjadinya peristiwa tersebut. 

Dengan kata lain, Dunia yang besar ini dapat kita lihat menjadi kecil hanya melalui Informasi dan Berita yang kita Akses lewat Media. 

Sejalan dengan itu, Keberadaan Media yang semakin banyak saat ini, Merupakan bukti semakin menguatnya keterbukaan Informasi Publik dan juga sebagai bentuk peran serta masyarakat dalam membangun Optimisme Daerah. 

Olehnya itu, Melalui kesempatan ini, Saya Ingin mengucapkan Terima Kasih kepada PWI Kabupaten Maluku Tengah dan seluruh Insan Pers yang ada di daerah ini karena telah Berkontribusi dalam membangun peradaban daerah dan penguatan demokrasi lokal.

"Peran Pers di daerah ini tentunya sangatlah besar, Tidak saja sebagai pemberi Informasi kepada masyarakat tetapi juga sekaligus sebagai penyuara Kritis kepada Pemerintah dari masyarakat," ucapnya.

Bagi saya, Pers adalah Instrument yang paling baik dalam memberikan pencerahan dan meningkatkan Kualitas Manusia sebagai Makhluk Rasional, Moral dan Social. 

Keberhasilan dan Kesuksesan dari sebuah Media tidak terlepas dari tugas seorang Jurnalistik atau Wartawan yang Profesional, Wartawan yang memiliki Kapasitas dan Integritas tinggi serta mematuhi Kode Etik Jurnalistik sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. 

Olehnya itu saya yakin, Setelah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan ini, Para Jurnalis di Kabupaten Maluku Tengah akan semakin banyak yang memiliki kemampuan Jurnalistik yang lebih baik dan memadai. Tidak saja pada Kemampuan Teknis, Tetapi juga kemampuan Etik dan sosial Cultural. 

Tentunya dengan Kompetensi yang semakin baik ini, saya berharap, Kedepan Jalinan Kemitraan antara Pemerintah Daerah dan PWI akan terus berjalan dengan baik. 

Para Jurnalis tetap Profesional dan Independen dalam menyajikan berita-berita Pembangunan Daerah, Lebih Selektif dan Menghindari Pemberitaan yang Berpotensi HOAX serta senantiasa menjaga Keseimbangan dalam setiap Pemberitaan. 

"Di samping itu, Dalam upaya Penanganan Covid-19, Saya juga sangat mengharapkan agar Pers dapat menjadi Corong untuk Menghimbau dan mengajak masyarakat guna senantiasa Menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dalam Beraktifitas di ruang-ruang Publik serta Melaksanakan Vaksinasi untuk Mempercepat terbentuknya Herd Immunity di Kabupaten Maluku Tengah," tutupnya. (MCJ)
Malteng 3841946489248455561

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC