Loading...

Leleury, Launching Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan di Negeri Amahai Sebagai Contoh di Malteng

Pembukaan Launching Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan, di Tandai Dengan Pemukulan Tifa
MASOHI, Malukuchannel.com - Launching Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan di Negeri Amahai Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah. Senin, (11/11/2019), yang bertempat di pelataran Rumah adat Negeri Amahai, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku tengah (Malteng).

"Selaku pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah, saya menyambut baik dan mengabresiasi penetapan Negeri Amahai sebagai Negeri Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan sekaligus Negeri Percontohan partama di Kabupaten Maluku Tengah," ungkap Wakil Bupati Maluku tengah. Marlatu L Leleury,SE pada sambutannya sekaligus membuka acara  Launching Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan di Negeri Amahai di tandai dengan pemukulan tifa.

Leleury, menambahkan bahwa hal ini tentunya menunjukkan bahwa BPJS Ketenagakerjaan telah membuktikan kehadirannya bagi para pekerja khususnya di Kabupaten Maluku Tengah. Mudah-mudahan, lewat berbagai upaya dan program kegiatan BPJS Ketenagakerjaan serta kepesertaan seluruh masyarakat dalam jaminan asuransi ketenagakerjaan ini dapat memberikan manfaat dan jaminan bagi masyarakat dalam menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu L. Leleury,SE
Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa BPJS Ketenagakerjaan adalah satu program pemerintah yang menerapakan penyelenggara jaminan sosial di Indonesia, yang bertujuan memberikan kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dalam bentuk perlindungan bagi tenaga kerja yaitu santunan berupa uang sebagai pengganti penghasilan yang hilang atau berkurang dan pelayanan sebagai akibat dari peristiwa atau keadaan yang di alami oleh tenaga kerja akibat kecelakaan kerja, sakit, hari tua dan meninggal.

"Selaras dengan itu Nawacita Presiden Jokowi pada poin 3 yakni "Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan" serta poin 5 "Peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan program Indonesia Kerja dan Indonesia Sejahtera dengan mendorong land reform, serta jaminan sosial untuk rakyat di Tahun 2019", telah mengamanatkan kepada seluruh pemerintah daerah dan stakeholders untuk mendorong percepatan perlindungan tenaga kerja," jelasnya.

Leleury, mengharapkan bahwa dengan adanya launching Negeri Amahai sebagai Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan, menunjukkan bahwa pemerintah berkomitmen besar untuk memberikan pelayanan jaminan sosial yang berkualitas dan berkeadilan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Maluku Tengah melalui jaminan perlindungan sosial ini sebagaimana amanat UU No 24 Tahun 2011 tentang Badan Pelayanan Jaminan Sosial dan UU No 4 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional bagi Pekerja Formal maupun Informal.

Negeri Amahai Kab. Malteng, (Foto Istimewa)
Selain itu, saya juga menghimbau agar seluruh masyarakat Negeri Amahai khususnya dan masyarakat Kabupaten Maluku Tengah umumnya, apa pun pekerjaannya, baik pekerja formal, petani, industri, pedagang, pelaku ekonomi atau komunitas pekerjaan lainnya, agar mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, karena manfaatnya sangat penting untuk keluarga kita khususnya Bapak/lbu masyarakat yang bekerja dan sangat beresiko bagi keselamatan kerja.

"Melalui kesempatan ini pula, saya juga mengajak kita semua untuk selalu bekerjasama, bergandeng tangan dan bahu membahu serta terus mengembangkan semangat kebersamaan dalam pembangunan, melayani masyarakat dengan tulus dan penuh keikhlasan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan kepada kita demi mewujudkan "Maluku Tengah yang Lebih Maju, Sejahtera dan Berkeadilan dalam Semangat Hidup Orang Basudara," ujarnya.

Di kesempatan ini pula saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi dan Maluku, Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Maluku dan Kepala Kantor Cabang Pembantu BPJS Ketenagakerjaan Masohi-Kepulauan Seram, beserta seluruh jajarannya yang selama ini telah bekerja keras untuk mensosialisasikan, mengkoordinasikan dan mengajak para pekerja sektor formal dan informal di daerah ini menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan.

"Ucapan terima kasih dan penghargaan yang sama juga saya sampaikan kepada Pemerintah Negeri Amahai, panitia penyelenggara dan seluruh masyarakat yang turut serta menyukseskan program Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan saat ini," tutupnya (MCJ)
Malteng 2546848922167919794

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC