Loading...

Presiden Jokowi Tinjau Posko Pengungsian Korban Gempa Bumi

AMBON, Malukuchannel.com - Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Meninjau langsung posko pengungsian di Kampus Universitas Darussalam, Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah, Mereka yang mengungsi merupakan penyintas Gempa Magnitudo 6,5 yang mengguncang wilayah Maluku 26 September 2019 yang lalu.

Presiden Jokowi dalam sambutanya kembali mengingatkan bahwa Indonesia berada di kawasan Cincin Api sehingga potensi gempa dan tsunami selalu ada di Indonesia, Selasa (29/10/2019).

"Kita tidak ingin (Bencana) dan selalu memohon kepada Allah SWT agar kita selalu di hindarkan dari yang namanya gempa dan tsunami. Tetapi kalau memang Allah sudah berkendak kita harus menerima,"ungkap presiden.

Laporan yang diterima Presiden dari Gubernur Maluku Murat Ismail dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo ada sekitar 12.137 unit rumah yang rusak berat 3.317 rusak ringan dan 6.108 rusak ringan.

Sementara data korban meninggal sebanyak 41 orang,luka ringan 226 orang,luka berat 2 orang dan yang mengungsi sebanyak 103.301 jiwa.

"Presiden menjelaskan, anggaran di Kementrian PUPR dan BNPB telah dialokasikan untuk perbaikan rumah-rumah yang rusak berdampak gempa. Besaran bantuan untuk perbaikan rumah warga yakni Rp.50 juta untuk rumah rusak berat, Rp.25 juta untuk rumah rusak sedang, dan Rp.10 juta untuk rumah rusak ringan dengan anggarannya dari pusat," ujarnya.

Dalam kunjungan itu, Presiden dan Ibu Iriana turut di dampingi menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala BPNP Doni Murdano, Gubernur Maluku Murad Ismail dan Bupati Maluku Tengah. (MCB)
Daerah 6679970804679876553

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC