Loading...

Gempa Guncang Pulau Ambon 5,2 SR

Sumber Gambar: www.bmkg.go.id
AMBON, Malukuchannel.com - Gempa tektonik berkekuatan 5,2 SR mengguncang Pulau Ambon dan sekitarnya pada Kamis, sekitar pukul 13:39:44 WIT, akan tetapi tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Data yang diperoleh dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan Ambon, Kamis (10/10/2019), menyebutkan Episenter gempa terletak pada koordinat 3.53 LS-128.23 BT, atau tepatnya berlokasi di daratan pada jarak 21 km Utara Ambon, 25 km Baratdaya Kairatu-SBB, pada kedalaman 10 km.

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Ambon V MMI, guncangan gempa bumi dirasakan oleh banyak orang.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

"Catatan BMKG menunjukkan bahwa Maluku merupakan salah satu daerah rawan gempa dan tsunami karena terletak pada pertemuan tiga lempeng besar, yakni Pasifik, Indo Australia, dan Eurasia.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia, bertemu dengan Lempeng Pasifik sehingga mengakibatkan patahan yang tidak beraturan. Maluku masuk dalam wilayah yang rentan terhadap gempa karena banyaknya tumpukan lempeng dan patahan.

Daerah-daerah rawan gempa di Maluku, di antaranya bagian tenggara, Pulau Ambon, Seram, dan Buru, sedangkan, pusat patahan di antaranya berada di laut Ambon dan Seram Bagian Barat. (TM/MC)
Ambon 1880895646434843108

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

TRENDING TOPIC