Loading...

Bupati Malteng, Lantik Yulia Awayakuane Sebagai Kepala Pemerintahan Negeri Tananahu

Pelantikan Kepala Pemerintah Negeri Tananahu
MASOHI, Malukuchannel.com - Bupati Maluku Tengah Hi. Tuasikal Abua, SH Mengambil Sumpah Jabatan dan Melantik Ibu Yulia Awayakuane, S.IP Sebagai Kepala Pemerintah Negeri Tananahu Kecamatan Teluk Elpaputih Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (30/10/2019). Yang bertempat di Balai Pemerintahan Negeri Tananahu.

Bupati Maluku tengah. Tuasikal Abua, SH dalam sambutannya mengatakan bahwa, atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah saya mengapresiasi dan menyambut baik terlaksananya pelantikan ini, karena merupakan manivestasi tata kelola pemerintahan khususnya menyangkut pemerintahan Negeri yang ada di Kabupaten Maluku Tengah, sekaligus meneguhkan eksistensi Negeri Tananahu sebagai salah satu Negeri adat di Kabupaten Maluku Tengah.

"Sebagaimana telah kita saksikan bersama dalam rangkaian acara Pelantikan tadi, juga telah dilakukan pengukuhan pemberian gelar adat kepada Bapak Dr. Robinson Sitorus, sebagai Sesepuh Negeri Tananahu, maka atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah saya juga turut memberikan apresiasi atas terlaksananya pengukuhan ini karena telah mencerminkan komitmen masyarakat dan pemerintah Negeri dalam upaya menjaga dan melestarikan nilai-nilai adat istiadat dan budaya kearifan lokal Negeri Tananahu," ungkapnya.

Bupati Maluku Tengah, Hi. Tuasikal Abua,SH
Tuasikal, menambahkan bahwa dalam Menyikapi berbagai tuntutan dan perkembangan penyelenggaraan pemerintahan Negeri khususnya harapan masyarakat yang semakin keras di suarakan dalam memberikan pelayanan publik, melaksanakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat secara lebih baik, maka sebagai Kepala Pemerintah Negeri, saudari mempunyai tanggaung jawab besar dalam upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan Negeri.

Ada beberapa hal penting yang perlu di perhatikan oleh Kepala Pemerintahan Negeri antara lain yang pertama tanggung jawab yang di emban mulai hari ini, merupakan amanah yang nantinya harus di pertanggung jawabkan kepada Masyarakat Negeri, Pemerintah Daerah, dan terutama Kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Olehnya itu segala langkah kebijakan ataupun keputusan yang akan saudari ambil, haruslah di dasarkan pada ketentuan perundangan yang berlaku dan benar-benar dilakukan dengan tulus dan niat baik untuk memajukan masyatakat dan Negeri ini.

"Kedua, perlu saya ingatkan pula, bahwa sebagaimana amanat Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Persoalan Keuangan Desa yang kemudian tetah ditindaklanjud maka diterbitkannya Peraturan Bupati Maluku Tengah Nomor 10 Tahun 2018 Tentang Pedoman Pengelolaan keuangan Negeri di Kabupaten Maluku Teagah, maka Kepala Pemerintah Negeri selaku penggung jawab pengelolaan keuangan negeri diharapkan dapat melakukan pengelolaan keuangan negeri secara transparan, akuntabel, partisipatif, tertib dan disiplin," jelasnya.

Tuasikal, mengharapkan kepada Kepala Pemerintahan Negeri selaku penanggung jawab pengelolaan keuangan Negeri, yang menjadi perhatian Khusus adalah sebagai berikut: Dilarang untuk mengambil kebijakan aturan di luar mekanisme Anggaran Pendapatan Belanja Negeri yang telah ditetapkan.

-Wajib melibatkan seluruh perangkat negeri selaku Pelaksana Pengelola Keuangan Negeri atau PPKN sesuai tugas pokok dan fungsinya.

-Penggunaan keuangan negeri harus dapat dipenanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

-Memprioritaskan penggunaan dana Negeri untuk bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat disamping itu juga harus memperhatikan ketersediaan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, Pencegahan Stunting dan gizi buruk, penyelesaian masalah pajak bumi dan bangunan serta memperkuat peran perempuan melalui pemberdayaan PKK.

-Dalam penyusunan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) pada batang tubuh Anggaran Pendapatan Belanja Negeri agar menghindari upaya penggelembungan harga atau mark up.

-Dalam hal kegiatan yang dilakukan melalui mekanisme pengadaan barang dan jasa di Negeri agar dilakukan dengan berpedoman pada Peraturan Bupati Tentang pengadaan barang dan jasa di Negeri.

"Melalui kesempatan ini pula, saya juga mengajak kita semua untuk selalu bekerjasama, bergandeng tangan dan bahu membahu, menjaga keamanan dan ketertiban serta terus mengembangkan semangat kebersamaan dalam pembangunan, melayani masyarakat dengan tulus dan penuh keikhlasan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan kepada kita demi mewujudkan Maluku Tengah yang Lebih aman, Sejahtera dan Berkeadilan dalam Semangat Hidup Orang Basudara," tutupnya

Selain Acara Pengambilan Sumpah Jabatan & Pelantikan Tersebut, Juga Dilaksanakan Pengukuhan DR. Robinson Sitorus, Sebagai Sesepuh Negeri Tananahu Oleh Ina Latu Tananahu Yang Disaksikan Oleh Bupati Maluku Tengah Juga Hadirin Yang Hadir.

Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan. Ibu Yulia Awayakuane, S.IP sebagai Kepala Pemerintah Negeri Tananahu Kecamatan Teluk Elpaputih, yang telah berlangsung dengan tertib, lancar dan sukses. (MCJ)
Malteng 6999674726331606943

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

TRENDING TOPIC