Loading...

Survey Simulasi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit, Edisi I di Rumah Sakit Umum Daerah Masohi


MASOHI, Malukuchannel.com - Kegiatan Survey Simulasi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi I di Rumah Sakit Umum Daerah Masohi Tahun 2019, oleh tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit.

Pada kesempatan ini pula, Wakil Bupati Maluku tengah (Malteng) Marlatu L Leleury,SE dalam sambutannya menyampaikan selamat datang tim Komisi Akreditas Rumah Sakit dì Kota Masohi Bumi Pamahanunusa, Kabupaten Maluku Tengah. Kehadiran para narasumber dalam pelaksanaan kegiatan ini dapat memberikan pencerahan dan masukan-masukan yang bermanfaat, terutama dalam persiapan pelaksanaan survei akreditas sesuai Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit di RSUD Masohi.

"Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Akreditasi Rumah Sakit merupakan suatu proses penilaian untuk menentukan pengakuan yang diberikan oleh pemerintah pada manajemen rumah sakit, karena telah memenuhi standar keselamatan dan mutu pelayanan yang telah ditetapkan," ungkapnya.

Leleury, menambahkan bahwa: Akreditasi bagi rumah sakit diperlukan sebagai cara efektif untuk mengevaluasi mutu suatu rumah sakit, sekaligus berperan sebagai sarana manajemen, sehingga melalui pemberian akreditasi kepada rumah sakit diharapkan akan mampu meningkatkan daya saing dan mutu pelayanan kesehatan sebagai kebutuhan dan hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu.

Terkait dengan itu, maka melalui kesempatan yang berbahagia ini saya berharap kegiatan Simulasi Survey Akreditasi Rumah Sakit yang mulai dilakukan hari ini kiranya akan dapat lebih mempersiapkan dan mematangkan RSUD Masohi menghadapi Survey Akreditasi Rumah Sakit pada Bulan November mendatang, baik dari aspek pelaporan, kelengkapan dokumen pendukung dan berbagai kegiatan yang sudah maupun belum memenuhi standar, yang berfokus pada sasaran keselamatan pasien, Standar pelayanan berfokus pasien, Standar manajemen rumah sakit, Program Nasional dan Integrasi pendidikan kesehatan dalam pelayanan di rumah sakit," jelasnya.

Leleury, mengharapkan bahwa hasil dari simulasi survey ini akan memuaskan kita semua sehingga pada saatnya RSUD Masohi akan mampu memenuhi Standar Akreditasi Nasional Rumah Sakit dan pada gilirannya menjadi salah satu model Ideal percontohan Rumah Sakit yang mampu mewujudkan lingkungan kerja yang aman dan efisien, Menghormati hak-hak pasien, dan melibatkan mereka sebagai mitra dalam proses pelayanan, Serta mampu menghadirkan budaya mau belajar dari laporan Insiden keselamatan pasien.

Direktur RSUD Masohi dr. Ursula Surjastuti, kepada MALUKUCHANNEL.COM mengatakan bahwa: ada ketentuan dalam mempersiapkan diri dan sudah dilakukan perjalanannya sesuai dengan aturan-aturan yang di akreditasi.

"Kami telah membagi Program Kerja (Pokja) dari pokja satu sampai dengan pokja enam belas sudah dan di implementasikan dokumen-dokumen maupun perbaikan mulai dari pojok satu sampe enam belas dan diharapkan ada perbaikan dari  satu sampe enam belas, penilaian urgensi akreditasi pelayanan yang menjadi ujian berfokus kepada keselamatan pasien terutama kalau yang pelayanan berfokus kepada pasien sendiri pada pasien," jelasnya. (MCJ)
Malteng 1773072839688659018

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC