Loading...

Bina Desa Pesisir, Lantamal IX Ambon Gelar Baksos Kesehatan di Desa Haria


AMBON, Malukuchannel.com - Dalam rangka membina Desa Pesisir, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon melaksanakan kegiatan bakti sosial kesehatan dan peresmian air bersih di Desa Haria Perat Kecamatan Saparua, Maluku Tengah.

Siaran pers yang diterima dari Dispen Lantamal, Jumat (03/05/2019) menyebutkan, masyarakat yang melaksanakan pengobatan sebanyak 167 orang dengan keterangan Pelayanan Kesehatan umum 123 orang dan Pelayanan Kesehatan Gigi 44 orang.

Hadir dalam kegiatan yang digelar Kamis, (02/05/2019) tersebut, Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Marinir Supriyono, Para Asisten Danlantamal IX, Ketua Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Antongan Simatupang beserta Pengurus.

Komandan Lantamal IX Laksmana Pertama TNI Antongan Simatupang dalam sambutan yang dibacakan Wakil Komandan Lantamal IX menyampaikan bahwa kegiatan bakti sosial kesehatan merupakan salah satu bentuk kepedulian Lantamal IX terhadap masalah kesehatan masyarakat Maluku khususnya yang ada di Desa Haria.

“Bakti sosial yang diselenggarakan kali ini, berupa pemeriksaan kesehatan serta pengobatan yang dilaksanakan oleh tim kesehatan Lantamal IX. Kesehatan merupakan hal yang terpenting dalam hidup kita, untuk itu pemeriksaan kesehatan haruslah dilaksanakan secara rutin agar kita semua dapat merasakan manfaatnya secara langsung,” kata Danlantamal.

Lebih lanjut dikatakan, tim dari Lantamal IX juga telah melaksanakan pembuatan sarana prasarana berupa fasilitas air bersih di Desa Haria. Fasilitas air bersih tersebut dilaksanakan mengingat sangat pentingnya air dalam kehidupan kita termasuk untuk kebutuhan dasar rumah tangga.

Menurut Danlantamal, demikian penyediaan air bersih menjadi perhatian khusus disemua wilayah di Indonesia. Namun, peningkatan sarana prasarana air bersih harus juga diimbangi dengan tersediannya sumber daya manusia yang mampu melakukan pengelolaan, agar pemenuhan kebutuhan akan air bersih dapat dirasakan manfaatnya.

Bupati Malteng Tuasikal Abua dalam amanatnya yang dibacakan oleh Asisten II M. Bahrun menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah dan masyarakat Negeri Haria Kecamatan Saparua.

“Saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pimpinan TNI Angkatan Laut dan seluruh jajaran Lantamal IX Ambon karena dalam tahun 2019 ini, Negeri Haria Kecamatan Saparua mendapat perhatian untuk pembangunan fasnlitasi air bersih dan Bakti Sosial kesehatan,” kata Bupati.

Bupati yakin segenap masyarakat Negeri Haria turut bangga dan berbahagia menyambut dan berpartisipasi aktif dalam mendukung kegiatan ini. karena selain sangat panting dan dibutuhkan oleh masyarakat juga merupakan salah satu perwujudan dan kepedulian TNI Angkatan Laut dalam mengupayakan peningkatan derajat kesehatan masyarakat di daerah ini.

Bupati menambahkan, kesehatan adalah salah satu unsur penting bahkan sangat strategis dalam upaya pembangunan manusia sehingga dengan kondisi kesehatan yang optimal, semua orang akan mempunyai peluang dan kemampuan yang yang Iebih besar untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang pada gilirannya akan berdampak pada meningkatnya kualitas sumber daya manusia sebagai pelaku pembangunan.

Raja Negeri Haria Yacob Nihel Manuhutu, menambahkan bahwa yang dilakukan oleh Lantamal IX Ambon melalui kegiatan pembangunan fasilitas air bersih dan bakti sosial ini merupakan salah satu contoh dari pentingnya kesadaran, partisipasi dan kontribusi stakeholder dalam membantu masyarakat dan pemerintah daerah mengupayakan keberhasilan pembangunan kesehatan di Kabupaten Maluku Tengah.

“Mudah -mudahan melalui kegiatan bakti sosial kesehatan ini dapat meringankan beban masyarakat untuk mendapat pelayanan kesehatan sekaligus menjadi momentum bagi kita semua untuk terus memelihara keamanan dan ketertiban membangkitkan dan menumbuhkan rasa solidaritas sosial sesama warga,” pungkasnya. (MC)
Malteng 852017957188556845

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC