Loading...

Dishub Maluku Siapkan Armada Mudik Jelang Natal 2018


AMBON, Malukuchannel.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Maluku telah menyediakan moda transportasi, baik darat, maupun laut. Untuk kepentingan mudik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Frangky Papilaya Kepada Media ini Selasa (11/12/2018) di Ambon.

Dijelaskan Papilaya, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat Natal 2018 dan tahun baru 2019. Pihak Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, telah berkoordinasi dengan instansi terkait guna menyiapkan moda transportasi yang akan di gunakan.

“Dinas Perhubungan Provinsi Maluku siap menghadapi arus mudik menjelang natal 2018 dan tahun baru 2019, ” ujar Papilaya.

Ditambahkannya, untuk transportasi laut Dishub Maluku telah menyiapkan beberapa kapal laut, baik kapal milik Pelni maupun kapal perintis milik beberapa perusahaan pelayaran.

“Beberapa kapal yang disiapkan antara lain kapal milik Pelni dan kapal perintis Sanus atau sabuk nusantara, ” ujarnya.

Selain itu lanjut Papilaya, Dishubi Maluku juga menyiapkan kapal motor penyeberangan atau feri. Dimana untuk feri Dinas Perhubungan telah menyiapkan 25 unit kapal feri yang melayari berbagai rute.

Disamping itu juga tambah Papilaya, pihaknya juga telah menyiapkan moda transportasi darat, berupa Damri dan beberapa bus yang dikelola oleh BUMD.

“Selain itu sama seperti tahun tahun sebelumnya, untuk tahun ini Dishub Maluku juga menyelenggarakan mudik gratis, ” beber Papilaya.

Untuk mudik gratis natal 2018 ini, Dishub telah menyiapkan KM Sanus 87, Sanus 103 dan Sanus 106. Ketiga kapal ini nantinya akan melayani mudik gratis tujuan Malra, MTB, dan MBD.

“Sedangkan untuk mudik gratis tujuan Saparua dan Amahai. peserta mudik gratis akan dilayani dengan kapal Cantika ekspres 99 dan cantika Bahari 88, ” paparnya.

Sedangkan untuk mudik gratis dengan menggunakan kapal feri, akan dilakukan pada tanggal 21 Desember. Dimana untuk tanggal tersebut para penumpang akan digratiskan dari biaya seluruh kapal feri. Baik yang melayani rute Hunimia Waipirit, maupun rute Waai Haruku Saparua.

Guna dapat mengikuti program mudik gratis ini, urai Papilaya, untuk tujuan Malra, MTB dan MBD. Dapat mendaftarkan dirinya pada kantor Dishub Provinsi Maluku, dengan membawa kartu identitas diri.

Sedangkan untuk tujuan Hunimua Waipirit, Waai Haruku Saparua, Tulehu Amahai dan Tulehu Saparua. Calon penumpang dapat langsung menuju pelabuhan tujuan keberangkatan.

“Bedanya untuk mudik gratis natal 2018 ini. Dishub Maluku tidak melakukan mudik gratis dengan moda transportasi darat, ” demikian Papilaya.
Daerah 2189948348623932080

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC