Loading...

KPW BI Promal Gelar Pelatihan Wartawan Ekonomi

MASOHI, Malukuchannel.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPW-BI) Provinsi Maluku (Promal) menggelar pelatihan bagi Wartawan Ekonomi di Provinsi Maluku, bertempat di Ora Beach Resort Desa Saleman Kecamatan Seram Utara Barat Maluku Tengah, hari Kamis dan Jumat pekan kemarin (19-20/04/2018).

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Maluku, Andi Setyo Biwado mewakili Kepala KPW BI Maluku Bambang Pramasudi membuka dengan resmi pelatihan dimaksud mengatakan, pelatihan bagi wartawan ekonomi di Provinsi Maluku sangat penting dilakukan agar bisa menjadi bekal dalam menulis berita ekonomi menjadi lebih menarik.

Menurutnya, selama ini berita ekonomi selalu kalah dalam pemberitaan dibandingkan berita politik apalagi tahun 2018 merupakan tahun politik. Tahun 2018 ini Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah yang ikut menyelenggarakan pemilihan kepala daerah.

"Pelatihan bagi wartawan ekonomi yang diselenggarakan sangat bermanfaat karena pemateri akan memberikan kiat–kiat atau tips menulis berita ekonomi yang menarik.

Pembicara yang dihadirkan pada pelatihan yang diikuti oleh 12 wartawan ini adalah Agung Pragitya Vazza, wartawan senior ekonomi dari media Republika dan Andhika dari Departemen Komunikasi Kantor BI Pusat.

Berita ekonomi bahkan kalah dalam pemberitaan dengan berita kriminal, lantaran tidak pernah atau jarang dijadikan headline pada halaman utama,”ucap Andi.

Dikatakan, kegiatan pelatihan wartawan merupakan agenda rutin setiap tahun dari KPW BI Maluku dan telah dilaksanakan selama beberapa tahun terakhir.

Tujuannya, selain memberikan pelatihan kepada jurnalis ekonomi di daerah ini juga lebih mendekatkan KPW BI Maluku dengan mitra jurnalis.

Agung Pragitya Vazza, wartawan senior ekonomi dari media Republika sebagai pemateri awal, menjelaskan tentang kiat-kiat menulis berita ekonomi dengan mudah dan menarik.

"Yang penting adalah wartawan mempunyai informasi awal yang ditindaklanjuti dengan pemahaman isu, lakukan riset, survei, kemudian penelitian dan analisis ahli,”ucapnya.

Selain itu, Agung Pragitya Vazza juga menjelaskan soal peliputan yang harus diawali dengan pemilihan narasumber dan penggalian data sekunder.

Menurutnya, tips atau cara menulis berita ekonomi yang baik dan menarik adalah beritanya singkat, padat, mudah dipahami pembaca dan objektif. (MC)
Malteng 8645873244276868287

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC