Loading...

Ruhunussa: Kami Akan Mendukung Pengembangan Destinasi Wisata di Malteng

MASOHI, Malukuchannel.com - Pulau Seram di kabupaten Maluku Tengah, dengan gugusan kawasan pesisir pantai, terdiri dari hamparan pasir juga terdapat paparan batuan, ceruk dan muara sungai serta daerah esturia yang kaya akan berbagai jenis planton. Keindahan ini merupakan potensi alami yang prospektif untuk kegiatan perikanan, perhubungan laut maupun kegiatan pariwisata.

Barang tentu, Maluku Tengah menjadi salah satu Kabupaten di Indonesia yang mendapat kesempatan mewakili Maluku bersama beberapa kabupaten/Kota lainnya untuk mengembangkan eko wisata didaerahnya.

Ibrahim Ruhunusa, Ketua DPRD Kabupaten Maluku Tengah, kepada MALUKUCHANNEL.COM Jumat, (23/03/2018) mengatakan bahwa, pihaknya tetap mendukung sepenuhnya langkah Pemda Malteng untuk mengembangkan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Maluku Tengah "Pamahanu Nusa".

Ruhunussa mengukapkan, bahwa ada dua potensi yang bisa didapatkan anggarannya yaitu melalui jalur APBD induk serta APBN.

"Hal ini tergantung kreatif dari dinas pariwisata. Kemudian dengan ditetapkannya maluku tengah sebagai salah satu sektor pariwisata maka, saya yakin pemda dan DPRD punya komitmen yang sama," Jelasnya.

Kalau pun untuk APBD 2019 ini bisa dinaikan persentase anggarannya untuk Dinas Pariwisata (Dispar). Namun yang kelanjutannya, yang terpenting adalah Dispar tersebut bisa membuat MoU dengan pemerintah dan DPRD," Ungkap Ruhunussa.

Ruhunussa mengungkapkan, dalam jangka waktu 2 s/d 3 tahun kedepan kita bisa melakukan optimalisasi penataan potensi wisata di malteng dan bila perlu ada beberapa potensi wisata yang bisa kita naikkan standarnya menjadi standar pariwisata nasional.

Beberapa destinasi yang dimaksud yakni, Pantai Ora di Kecamatan Seram Utara, Kepulauan Banda, kemudian Pantai Lubang buaya di Desa Morela Kecamatan Leihitu, kemudian juga Nusa ela.

"Itu beberapa potensi-potensi wisata di Malteng yang sangat menjankikan, tetapi sampai hari ini memang sebagiannya belum tersentuh dengan APBD," Paparnya.

Jika hari ini dalam APBD 2019 ini pemerintah daerah mengusulkan anggaran yang cukup besar untuk Dinas Pariwisata dalam melakukan proses penataan dan pengembangan destinasi wisata di malteng, maka DPRD akan menyepakati dan menyetujuinya," Tutupnya. (MCJ)
Malteng 8175183002903263687

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC