Loading...

Mendagri Jadi Irup Peringati HUT Damkar Ke-99 Tingkat Nasional di Ambon

AMBON, Malukuchannel.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran (Damkar) ke-99 tingkat Nasional, yang dipusatkan di Kota Ambon Provinsi Maluku.

Upacara HUT Damkar ke-99 berlangsung di Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (01/03/2018) dihadiri oleh Plt.Gubernur Maluku Dr. Zeth Sahuburua, SH. MH, Walikota Ambon Richard Louhenapessy, SH, Pejabat Damkar dari 34 provinsi di Indonesia, serta sejumlah undangan lainny.

Dalam sambutannya Mendagri Tjahyo Kumolo mengatakan, seluruh Damkar di Indonesia menyamakan persepsi tentang keberadaan Pemadam Kebakaran, baik dilihat dari sudut Undang-Undang ataupun Nawacita.

Damkar bukan saja menjaga kota namun lebih dari itu, harus berperan aktif dalam setiap proses pembangunan, dimana mampu, menggerakan, meminimalisir keadaan, serta mampu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan seluruh elemen masyarakat.

Mendagri mengingatkan, Undang-Undang nomor 23 tahun 2018 tentang Pemerintah Daerah yang mengamanatkan bahwa, kebakaran merupakan tuntutan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar di bidang ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat.

Termasuk juga layanan dasar lainnya, yakni pendidikan, kesehatan, pelayanan umum lainya serta masalah- masalah krusial.

Konsekwensi dari tuntutan wajib pelayanan dasar adalah menjadikan dasar dalam pelaksanaan otonomi daerah, dimana Pemerintah Daerah wajib memberikan alokasi anggaran yang memadai, sebagai bentuk yang mandiri sekaligus dengan kesejahteraannya.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Maluku, Walikota Ambon dan jajarannya, TNI/Polri, SKPD dan seluruh masyarakat di Kota Ambon, yang telah mendukung suksesnya pelaksanaan even ini,"katanya.

Mendagri juga menyerahkan kunci mobil Damkar bantuan Pemerintah Pusat kepada Walikota Ambon Richard Louhenapessy, SH. (MCG)
Ambon 7141453407401043333

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC