Loading...

Cuaca Hambat Verifikasi Faktual Pasangan "HEBAT"

TUAL, Malukuchannel.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tual menyatakan verifikasi faktual Pasangan bakal calon (Balon) Gubernur dan Wagub Maluku jalur perseorangan, Herman Koedoeboen - Abdullah Vanath dengan jargon "HEBAT" di 3 kecamatan, mengalami hambatan akibat cuaca buruk.

"Sampai saat ini kita belum lakukan verifikasi faktual karena distribusi dokumen ke Kecamatan Pulau-pulau Kur,Tayando Tam dan Kecamatan Kur Selatan, terkendala dengan alat transportasi mengingat kondisi cuaca sesuai surat peringatan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ke KPU Kota Tual," kata Koordinator Devisi Teknis KPU Kota Tual, Rifai Rumaf di Tual, Kamis (1/2/2018) Kemarin.

Dia mengakui dokumen verifikasi dari KPU provinsi Maluku pada 29 Januari, sudah distribusikan kecamatan Dullah Selatan dan kecamatan Dullah Utara untuk verifikasi, hingga saat ini belum ada laporan terkait kendala di lapangan.

Rumaf berharap, dalam waktu dekat transportasi reguler berjalan normal, agar KPU bisa mendistribusikan dokumen di tiga Kecamatan pulau-pulau mengingat keterbatasan waktu dalam verifikasi faktual.

"Kita berharap tanggal 2 besok, ada tranportasi reguler untuk distribusi dokumen dukungan ini. Kalau memang kita gunakan transportasi yang disiapkan Pemda mengingat kondisi cuaca maka kita menunggu kapal Fery," terangnya.

Apabila tidak ada tranportasi reguler pada tanggal 2 February nanti, tambah dia, KPU Kota Tual akan mengundang Panwaslu Kota Tual,PemKot Tual, Kepolisian dan TNI AL agar mencari solusi yang terbaik.

Sebelumnya Koordinator Relawan pasangan "HEBAT", Michael Palyama, dikonfirmasi, Senin (29/1), mengatakan pasangan itu siap diverifikasi faktual setelah KPU Maluku melakukan rapat pleno verifikasi administrasi pada 29 Januari 2018 dengan suara dukungan perbaikan sah sebanyak 141.304 orang.

"141.304 orang itu merupakan dukungan perbaikan setelah KPU Maluku melakukan perhitungan 178.563 yang dimasukkan dan dinyatakan sah 154.282," ujarnya.

Karena itu, para penghubung pasangan "HEBAT" di sembilan kabupaten dan dua kota se-Maluku telah disiapkan untuk verifikasi faktual guna mengantisipasi kemungkinan terjadi hal-hal bertentangan dengan ketentuan Undang-Undang (UU). (MC)
Tual 1696557467958643510

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC