Loading...

Tuasikal: Rapat Pemutahiran Data, Jadi Tolak Ukur Pengawasan

MASOHI, Malukuchannel.com - Rapat Pemutahiran Data menjadi tolak ukur pengawasan serta wadah konsultasi maupun koordinasi bagi aparat penyelenggara pemerintah dan aparat pengawasan.

Hal ini guna merumuskan langkah-langkah antisipatif terhadap keberadaan data antara objek pemeriksa dan unit pemeriksa.

Rapat yang dilaksanakan oleh Inspektorat Maluku Tengah itu, sebagai tindak lanjut hasil pemeriksaan Aparatur Pengawasan Internal Pemerintah (APIP),"kata Bupati Malteng Tuasikal Abua, SH saat membuka dengan resmi kegiatan dimaksud.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Maluku Tengah Kamis (23/11/2017) kemarin, melibatkan seluruh Pimpinan SKPD, Camat maupun unsur pimpinan unit lain di lingkup Pemda Malteng.

"Menurut Tuasikal, amanat UUD 1945 maupun UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, maka era otonomi saat ini menuntut pemerintah daerah untuk tetap menyelenggarakan tata kelola pemerintahan yang bersih dan berkualitas.

Guna terpenuhinya tuntutan tersebut, setiap proses penyelenggaraan pemerintahan yang di mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasan, dapat dilaksanakan  melalui sistem pengendalian interen secara memadai.

"Fungsi pengawasan yang dilakukan oleh APIP wajib dilaksanakan agar visi misi tujuan maupun sasaran pemerintah melalui program dan kegiatan, dapat berjalan secara efektif efisien.

Dikatakan, paradikma pengawasan saat ini sudah berubah dimana fungsi pengawasan tidak lagi terkesan reaktif dan konservatif, melainkan berperan sebagai pemberi peringatan dini dengan jaminan kualitas serta wadah konsultasi.

"APIP harus meningkatkan kapasitasnya sesuai tuntutan regulasi di bidang pengawasan dan selalu dinamis, guna peningkatan kinerja yang objektif terhadap pembangunan daerah dan masyarakat di daerah ini,"ucapnya. (Mc-T)
Malteng 9142011250627371784

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC