Loading...

Gubernur Lantik Bupati dan Wakil Bupati Malteng

AMBON, Malukuchannel.com - Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff Melantik Hi. Tuasikal Abua,SH dan Marlatu L Leleury,SE sebagai Bupati dan Wakil Bupati kabupaten maluku Tengah (Malteng) periode 2017-2022, berlangsung di lantai tujuh kantor Gubernur, jumat (08/09/2017).

Pelantikan itu turut dihadiri forum Komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) dan SKPD dilingkup Provinsi maluku dan kabupaten maluku tengah.

Pelantikan ketua pemimpin di bumi pamahanu-nusa ini berdasarkan keputusan menteri dalam negeri (Mendagri) Nomor 131.81-7627 tahun 2017 tentang pengangkatan Hi. Tuasikal Abua,SH sebagai bupati maluku tengah dan nomor 132.81-7628 tahun 2017 tentang pengangkatan Marlatu L Leleury,SE sebagai Wakil Bupati Maluku tengah periode 2017-2022, tertanggal 28 agustus 2017.

Penetapan Ini menindaklanjuti keputusan nomor 131.81-7625 tentang pemberhentian bupati maluku tengah dan nomor 132.81-7626 tahun 2017 tentang pemberhentian wakil bupatti maluku tengah Marlatu L Leleury,SE masa jabatan 2012-2017.

Gubernur dalam sambutannya mengatakan, regulasi pilkada serentak kemudian pelantikan secara serentak telah dilaksanakan dua gelombang yakni pada tanggal 22 mei dan 22 agustus 2017. kini kembali dilaksanakan proses pelantikan bupati dan wakil bupati maluku tengah berdasarka tanggal akhir masa jabatan  bupati dan wakil bupati pada 8 september 2017.

Dirinya memastikan pelantikan ini merupakan sebuah proses administrasi pemerintah yang normatif dan tellah sesuai ketentuan yang berlaku.

"Sekarang di pundak saudara berdua berlanjut sejuta harapan masyarakat yang merindukan kepemimpinan yang mampu membawa perubahan. maka mengawali ini selaku wakil pemerintah pusat di daerah, saya ingin bupati dan wakil bupati dapat menjadi sosok ketteladanan yang saling menghormati dan melengkapi satu dengan yang lain, guna menjadi contoh bagi masyarakat. " Ungkapnya.

Terlepas dari hal tersebut, dirinya meminta bupati dan wakil bupati menindaklanjuti beberapa hal, pertama terkait dengan pelaksanaan Tour de Mollucas (TdM) sebuah kompetensi balap sepeda profesional berkelas dunia yang akan melintas di kabupaten seram bagian barat (SBB) Maluku Tengah (Malteng) seram bagin timur (SBT) dan kota ambon mulai dari tanggal 18 sampai 22 september 2017.

Untuk itu, kepala daerah, dirinya berharap untuk terus membantu persiapan, sehingga tidak timbul masalah yang berarti mengingat momentum ini menjadi tolak ukur dan menjadi agenda rutin berskala internasional, guna promosi pariwisata.

"Walaupun persiapan telah mencapai 90 persen, namun kepala daerah harus terus mengawal seluruh proses persiapan sehingga dapat berjalan dengan sukses dan berkelanjutan. " Ujarnya.

Kedua maluku tengah merupakan kabupaten tertua di maluku, yang telah melahirkan sejumlah kabupaten pemekaran.

Dirinya meyakini kedua pemimpin telah bekerja keras, sehingga tantangan kedepan akan lebih sulit. untuk itu bupati dan wakil bupati dapat memuat terobosan dan lompatan inovasi dalam menjalankan roda pembangunan.

"Sebagai pemimpin daerah, kita mestiya inovaso dan berpikir selangkah lebih maju terlebih di level kabupaten/kota yang bersentuhhan langsung dengan masyarakat. karena itu saya perintahkan pimpinan OPD dapat menciptakan inovasi pelayanan publik. "Tegasya.

Ketiga, sebagai daerah yang memiliki sumber daya manusia cukup besar, namun sumber daya alam yang ada belum tereksplorasi. untuk itu kedua pemimpin harus melakukan berbagai terobosan, dengan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), Permudah investasi yang kompitetif, sehingga dapat membuka lapangan kerja baru.

Kemudian, perbanyak program pemberdayaan masyarakat, baik itu kesehatan, perumahan dan lain sebagainya. disaat yang sama, komunikasi antar desa, kecamatan, pulau guna membuka daerah yang masih terisalir.

Dirinya berharap kepada pemimpin dan anggata DPRD Maluku tengah agar dapat menjaga semangat kemitraan dengan eksekutif, sesuai arahan Mendagri. dan kedepan pimpinan dan anggata DPRD segera menjatwalkan rapat paripuna istimewa dalam rangka penyampaian pidato mengawali masa kepemimpinan paling lambat satu minggu sejak hari ini.

Hal yang sama juga kepada Forkopimda agar terus mendukung kepemimpinan yang baru.

Setelah pelantikan Bupati dan wakil bupati, juga dilaksanakan pelantikan kettua Tim Penggerak PKK Maluku tengah Amien Ruati Tuasikal. (Mc-IT)
Slider 2161201151512081009

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC