Loading...

Pemkot Ambon Salurkan 80 Ekor Hewan Kurban ke-20 Masjid

Ambon, Maluku Channel.com Pemerintah Kota Ambon menyalurkan 80 ekor hewan kurban ke 20 masjid di empat kecamatan menjelang hari raya Idul Adha 1437 Hijriah.

"Sebanyak 80 ekor hewan kurban telah kami salurkan ke sejumlah masjid di Kota Ambon sebagai upaya meningkatkan spiritualitas umat beragama," kata penjabat Wali Kota Ambon, Frans Johanes Papilaya saat penyerahan hewan kurban di Ambon, Jumat (9/9/2016).

Ia mengatakan, 80 ekor hewan kurban terdiri atas 20 ekor sapi dan 60 ekor kambing yang disalurkan ke sejumlah masjid di desa atau kelurahan di Ambon, sebagai bentuk kepedulian dan kebersamaan dengan warga yang membutuhkan.

Bantuan hewan kurban merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada kaum dhuafa, fakir miskin, janda dan anak yatim piatu yang membutuhkan perhatian.

"Kami berharap hewan kurban tersebut diterima dengan kegembiraan karena diberikan juga dengan hati yang ikhlas. Hewan kurban yang diberikan juga jangan dilihat dari jumlahnya, tetapi bentuk kepedulian pemerintah kepada warga yang membutuhkan," katanya.

Frans menjelaskan, penyaluran hewan kurban yang dilakukan setiap tahun merupakan komitmen Pemkot Ambon sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas spiritualitas umat.

Hari raya Idul Adha 1437 Hijriah hendaknya dapat dimaknai seluruh warga Ambon bukan hanya yang muslim tetapi juga non muslim sebagai bentuk ibadah.

"Momentum hari raya Idul Adha hendaknya dimaknai bersama seluruh warga kota melalui doa bersama masyarakat agar kota ini tetap aman, damai dan masyarakat dapat hidup dalam kebersamaan dengan ketenteraman," ujarnya.

Menurut dia, hewan kurban yang diserahkan ke sejumlah masjid telah melalui proses pemeriksaan dan divaksinasi sebelum disalurkan kepada yang berhak menerimanya.

"Kami telah mengerahkan dokter hewan dan perwakilan kantor agama Kota Ambon untuk melakukan pemeriksaan, hasilnya semua hewan kurban yang diserahkan pemkot bebas penyakit dan layak untuk dikonsumsi," katanya.

Frans menambahkan, pemotongan hewan kurban Idul Adha semuanya diatur oleh masyarakat setempat, pihaknya berharap pemotongan hewan kurban memenuhi standar kesehatan.
Ambon 4622008836840120027

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC