Loading...

Ekonomi Maluku Triwulan II-2016 Tercatat Meningkat

Ambon, Maluku Channel.com Pertumbuhan ekonomi Maluku pada triwulan II tahun 2016 tercatat sebesar 6,48 persen secara tahunan, atau meningkat dibanding periode sama sebelumnya sebesar 5,52 persen.

"Pertumbuhan tersebut merupakan yang tertinggi ke-6 se-Kawasan Timur Indonesia (KTI) dan lebih tinggi dibanding laju pertumbuhan ekonomi nasional (5,18 persen) maupun laju pertumbuhan di KTI (5,91 persen)," kata Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku Andy Setyo Biwado di Ambon, Jumat (9/9/2016).

Dia mengatakan, dari sisi permintaan, pertumbuhan ekonomi Maluku yang cukup baik tersebut didorong oleh kinerja investasi yang tak lepas dari peran pemerintah berupa realisasi belanja modal pemerintah yang lebih cepat dari periode sebelumnya.

"Dari sisi penawaran, meningkatnya laju perekonomian Maluku didorong oleh menguatnya kinerja tiga kategori ekonomi utama yakni Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan yang tumbuh meningkat terutama sub kategori perikanan sejalan dengan peningkatan produksi ikan tangkap," ujarnya.

Sedangkan kategori administrasi pemerintahan tercatat tumbuh cukup kuat didukung oleh percepatan realisasi belanja pemerintah, yang bersumber dari APBD maupun APBN.

Sementara pertumbuhan kategori perdagangan besar dan eceran juga meningkat didorong oleh permintaan masyarakat pada periode Ramadhan yang berlangsung lebih awal dibanding tahun 2015.

Selain itu, menurutnya, terdapat beberapa acara besar yang berlangsung pada triwulan II-2016 seperti peresmian jembatan merah putih dan perkemahan pramuka madrasah nasional yang turut menopang pertumbuhan.

"Kegiatan usaha swasta pada triwulan II-2016 terpantau membaik namun belum solid. Perbaikan tersebut masih terbatas karena harga komoditas internasional yang masih lemah, di antaranya harga karet dan minyak dunia," ujarnya.

Harga minyak dunia diperkirakan membaik namun pada level yang lemah hingga akhir tahun 2016, lanjutnya, sehingga kinerja ekspor yang didominasi oleh ekspor migas tidak dapat menjadi tumpuan perekonomian saat ini.
Ekonomi 4895262127448659802

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC