Loading...

Koni Malra Gelar Musorkab Ke-3

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Pelaksanaan Musyawarah Olaraga Kabupaten Maluku Tenggara (Musorkab) Yang Ke- III yang berlangsung diaula kantor Bupati Malra, Senin (20/02/2023), resmi dibuka dan dihadiri langgsung oleh Pengurus Koni Provinsi.

Pergelaran Musorkab tersebut dibuka langsung oleh Ketua Harian Koni Provinsi Maluku, Mustofa Kamal didampingi Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun yang ditandai dengan pemukulan tipa. 

Bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa, pelaksanaan Musorkab Ke-3 yang kita laksanakan saat ini merupakan pelaksanaan dari Anggaran Dasar dan Anggaran KONI sekaligus bagian dari penataan. 

Lebih lanjut, kata Bupati bahwa, kelembagaan Organisasi KONI Kabupaten Maluku Tenggara, sehubungan dengan telah berakhirnya Kepengurusan KONI Maluku Tenggara Masa Bakti 2019-2022, atas nama Pemerintah Daerah dirinya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran KONI Kabupaten Maluku Tenggara masa Bakti 2019-2022 atas segala pengabdian dan dedikasi yang telah diberikan untuk pembangunan keolahragaan di Maluku Tenggara.

Dijelaskan pula, sesuai dengan SK Ketua Umum KONI Provinsi Maluku Nomor: 02 Tahun 2023 tentang Pengurus Antar Waktu KONI Kabupaten Maluku Tenggara Masa Bakti 2018-2022, yang secara implisit memerintahkan pelaksanaan Musorkab dengan agenda utama yakni Pemilihan Ketua Umum KONI yang baru masa bakti 023-2027, yang alhamdulilah beberapa saat lalu telah dibuka, imbuhnya.

Ungkap Bupati, bagi Pemerintah Daerah, keberadaan KONI Maluku Tenggara sangatlah strategis dan penting dalam upaya membantu Pemerintah Daerah dalam pengelolaan, pembinaan dan pengembangan Olahraga Prestasi. 

"Pada kesempatan ini dirinya tak lupa, menyampaikan beberapa hal penting yakni Pertama, Selain pariwisata, Pembangunan Olahraga merupakan instrumen penting untuk memperkenalkan Daerah Maluku Tenggara di Tingkat Provinsi dan Nasional. 

Diingatkan juga, daerah ini telah banyak melahirkan atlit yang telah mengharumkan nama Maluku dan Bangsa ini di ajang/event olahraga Internasional oleh karena itu diperlukan upaya dan kerja keras agar kesinambungan pengembangan atlit/bakat potensial Maluku Tenggara bisa terus dikembangkan, namun hal utama yang selalu mengganjal kita adalah keterbatasan kemampuan dan sumber daya terutama dukungan Keuangan untuk membina olahraga amatir.

Menurut Bupati, pembinaan olahraga prestasi dengan hanya mengandalkan APBD tentu tidak akan mencapai hasil yang optimal, oleh karena itu dukungan dari pihak Swasta dan BUMN/BUMD sangat Kami harapkan. 

Kedua, Dalam hal penyelenggaraan Event Olahraga baik ditingkat Provinsi dan Nasional, Secara khusus kami menyampaikan terimakasih atas dukungan Gubernur Maluku sehingga POPMAL IV beberapa waktu lalu dapat terlaksana, meskipun Kita belum benar pulih dari Pandemi Covid-19. 

Bupati Thaher juga berharap, mudah mudahan melalui moment POPMAL IV dapat menghasilkan atlit berpestasi untuk berlaga di ajang PON Aceh-Medan Mendatang.

Bupati Thaher katakan, satu hal yang perlu kami sampaikan untuk menjadi perhatian adalah pentingnya obyektifitas dan kejujuran dalam melakukan penilaian baik oleh Wasit maupun Dewan Juri, ini adalah hal yang terus diingatkan oleh Gubernur Maluku, mudah-mudahan persoalan seperti dapat diatasi dengan baik kedepan.

Ketiga, dalam hal pembinaan olahraga, kami akan memprioritaskan pada Olahraga-olahraga unggulan, kebijakan ini atau tentu cabang tidak bermaksud untuk mengesampingkan Cabor yang lain, namun pada pertimbangan aspek efisiensi dan efektifitas pembinaan olahraga, untuk itu dirinya meminta dukungan dari KONI Provinsi Maluku sehingga olahraga Prioritas di Maluku Tenggara terus dapat dibina dan dikembangkan.

Keempat, Tahun 2024 kita akan memasuki tahun politik dan periodisasi Tahun 2023 menjadi tahun persiapan, dia menambahkan bahwa, tentu dirinya berkeinginan setelah olahraga prestasi dapat dikelola secara profesional dan tidak dimanfaatkan untuk kepentingan politik manapun. 

Oleh karena itu, kepengurusan KONI Maluku Tenggara kedepan, harus juga dikelola secara mandiri dan bebas. (DS)
Maluku Tenggara 4147531087365928105

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC