Loading...

Bupati Malra Mendapat Penghargaan dari BBKN Pusat

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun, kembali mendapat penghargaan dari pemerintah pusat dalam hal ini BKKBN.

Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara merupakan salah satu Pemerintah Daerah yang memiliki komitmen serta inovasi terhadap upaya percepatan penurunan stunting di daerahnya.

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting merupakan wujud komitmen pemerintah dalam mempercepat pencapaian target penurunan stunting menjadi 14 persen pada 2024. BKKBN menerbitkan Peraturan Nomor 12 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Angka Stunting Indonesia (RAN PASTI) sebagai upaya mengkonsolidasikan kegiatan, program, dan anggaran.

Tiga fokus pendekatan RAN PASTI meliputi pendekatan intervensi gizi, pendekatan multi sektor dan multi pihak serta pendekatan berbasis keluarga beresiko stunting.

Perpres 72 tahun 2021 dan RAN PASTI tahun 2021 sampai saat ini telah diimplementasikan selama satu tahun lebih. Data SSGI 2021 menunjukkan bahwa angka prevalensi stunting di Indonesia berada di 24,4 persen. Walaupun mengalami penurunan masih diperlukan upaya yang besar dari berbagai pihak untuk mencapai target nasional.

Dalam upaya koordinasi, konvergensi, dan sumber daya yang dimiliki oleh berbagai pihak untuk percepatan penurunan stunting, BKKBN bekerja sama dengan mitra akan mengadakan Forum Nasional Stunting dengan tema "Bergerak Bersama Garda Terdepan dalam Pendampingan Keluarga Untuk Percepatan Penurunan Stunting", sebagai media koordinasi yang terintegrasi dalam pelaksanaan program percepatan penurunan stunting, mulai dari tingkat pusat hingga desa.

Forum Nasional Stunting Tahun 2022 memberikan penganugerahan atas inovasi yang dikembangkan oleh jajaran pentahelix sampai tingkat desa/kelurahan.

Apresiasi diberikan atas kontribusi Praktik Baik Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun sebagai Narasumber dalam Webinar Generasi Bebas Stunting Seri I dengan Tema "ASPEK KELEMBAGAAN YANG BAIK" sebagai upaya percepatan Penurunan Stunting pada acara penerimaan anugrah MKK pada bulan Juni lalu 2022 di Medan.

Penerimaan Apresiasi dilaksanakan di Hotel Shangri-la Jakarta Pusat, Selasa, (06/12/2022). 

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Daerah Kabupaten Maluku Tenggara, Hi. Thalib Renhoran, menjelaskan, Bupati Maluku Tenggara, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah bekerjasama dalam rangka percepatan penurunan angka stunting di Malra.

Secara khusus, Bupati Maluku Tenggara memberikan apresiasi kepada pimpinan OPD, TP PKK Maluku Tenggara, TPPS, Pimpinan Puskesmas, Posyandu dan Tenaga Pendamping Keluarga (TPK) yang menjadi lini terdepan dalam upaya percepatan percepatan penurunan stunting di Malra.

Sebagai koordiantor percepatan penurunan stunting di Malra, saya juga menyampaikan terima kasih kepada bapak bupati, pimpinan dan anggota DPRD, wakil bupati, sekda, pimpinan OPD, TPPS dan semua pihak yang telah membantu kami dalam rangka penurunan stunting di bumi Larvul Ngabal Maluku Tenggara. (DS)
Maluku Tenggara 5627601322878816735

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC