Loading...

Bupati Malra Ajak Wisudawan/wati Jadi Panutan Bagi Masyarakat

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara, mengucapan selamat kepada para wisudawan/wisudawati serta Orang Tua yang sungguh berbahagia.

Hal tersebut disampaikan Bupati Maluku Tenggara dalam sambutanya yang disampaikan oleh Wakil Bupati Maluku Tenggara Petrus Beruatwarin pada wisuda Politeknik Perikanan Negeri Tual, Rabu (07/12/2022).

Orang nomor satu di Maluku Tenggara tersebut juga menyampaikan dasar didirikannya Politeknik Perikanan Negeri Tual dengan sokongan penuh Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara dilandaskan pada kebutuhan sektoral yang dirasakan potensial bagi eksplorasi dan eksploitasi secara bertanggungjawab atas kekayaan dan keberagaman sumber daya kelautan dan perikanan di Kabupaten Maluku Tenggara masa itu.

Dirinya menambahkan Potensi Kelautan dan Perikanan serta Potensi Pariwisata sebagai sektor unggulan dirasakan mampu menunjang pembangunan daerah. Untuk itu, dipandang perlu mendapat perhatian serius.

Basic pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan yakni Sumber Daya Manusia perlu dikembangkan secara sistematis dan terstruktur guna mampu menciptakan sumber daya manusia yang handal dan profesional dalam rangka pemanfaatan sumber daya alam kelautan, perikanan serta Sektor Pariwisata yang saya sebutkan sebagai sector Unggulan Daerah.

Bupati Thaher juga mengajak semua orang 
Patut bersyukur atas karunia Tuhan Yang Maha Kuasa, karena kepada kita, diberikan ke kayaan potensi kelautan dan perikanan. Secara Umum, Provinsi Maluku merupakan salah satu dari tujuh Provinsi Kepulauan di Indonesia dan Provinsi Maluku dengan Luas keseluruhan daratan dan lautan adalah 712.480 km2,  terdiri dari luas perairan mencapai 658.295 Km² (92,4%) dan luas daratan hanya sebesar 54.185 Km² (7,6%). 

Ditambahkan Bupati Thaher hal ini berarti potensi eksplorasi dan Eksploitasi disektor Kelautan dan Perikanan sangat menjanjikan. Kabupaten Maluku Tenggara melihat peluang ini dengan sangat serius, meskipun jujur boleh dikatakan, bahwa dengan diterbitkannya UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Kewenangan sektor Kelautan tidak lagi ada di kabupaten/kota.


Pendidikan memiliki makna yang lebih mendalam dibandingkan pengajaran. Pendidikan setidaknya mampu memperkenalkan berbagai Kecakapan hidup yang mencakup kecakapan mengenal diri, kecakapan berpikir, kecakapan sosial, kecakapan akademik, dan kecakapan kejuruan.

Menurut Bupati Thaher Politeknik Perikanan Negeri Tual sebagai suatu Lembaga Pendidikan Tinggi, perlu memediasi anak didik untuk mencapai kecakapan sebagaimana dimaksud. Kepintaran dan kecerdasan seyogyanya dapat berjalan secara selaras. Karena dengan demikian, maka kesuksesan akan dapat dicapai dalam berbagai aspek kehidupan.

Anda para wisudawan - wisudawati yang pada hari ini diwisudakan diperhadapkan pada tantangan untuk mampu berkompetisi dengan lulusan dari perguruan tinggi lain. Untuk itu, pembelajaran harus terus dilakukan. Matangkan diri anda dengan informasi yang terus berkembang terutama dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 (Four Point Zero).

Pada kesempatan yang sama Bupati Thaher berpesan kepada para wisudawan wisudawati bahwa gelar Diploma yang anda sandang sejak hari ini, membawa tanggungjawab yang besar untuk pribadi anda, untuk keluarga, untuk almamater, untuk lingkungan anda, untuk daerah tercinta, dan untuk bangsa dan Negara.

Gelar ini, menempatkan anda pada posisi sebagai panutan bagi masyarakat. Tunjukan, bahwa anda adalah manusia terdidik. Tunjukan intelektualitas anda. Ciptakanlah pekerjaan. Jadilah wirausahawan seturut keahlian anda. Karena dengan begitu anda akan dikenal sebagai intelektual yang berkualitas.

Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara, sekali lagi mengucapkan selamat untuk anda para wisudawan - wisudawati Politeknik Perikanan Negeri Tual. Jadikan Dirimu Berarti untuk sesama. Jadikan dirimu panutan dalam masyarakat, karena gelarmu adalah citra dirimu. Pengabdian anda dan pelayanan anda untuk orang lain adalah kesejatian hidup yang anda miliki.

Bupati Thaher juga mengucap selamat
Untuk Para Orang Tua dari wisudawan - wisudawati, Selamat untuk anda. Keringat, air mata, kerja keras dan Doa telah menghantar anak-anak ini menjadi bagian dari kaum intelektual muda Maluku Tenggara dan Kota Tual. Bahagia bersama anda dan Tersenyumlah untuk itu.

Ditambahkan dan bagi Civitas Akademika Politeknik Perikanan Negeri Tual, Saya Ucapkan selamat. Lembaga ini bersama Pemerintah Daerah memiliki cita-cita yang sama yakni membesarkan POLIKANT. Bukan mustahil untuk mencapainya. Kita butuh kerja keras dan manajemen yang sempurna. 

Kita punya kerinduan agar POLIKANT menjadi tujuan utama bahkan satu-satunya tujuan bagi pencari ilmu disektor kelautan dan perikanan di Indonesia. Kalau yang lain bisa, maka kitapun bisa. Dari sini Kita memulai. (DS)
Maluku Tenggara 574056652481533282

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC