Loading...

Pembinaan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sejenisnya Menuju Kota Sehat Adipura di Malteng

Sekretaris Daerah Kabupaten Malteng, Rakib Sahubawa
MASOHI, Malukuchannel.com - Kegiatan Pembinaan Implementasi Kebijakan dan Strategis Daerah dalam pengolahan sampah rumah tangga dan sampah sejenisnya sampah rumah tangga menuju kota sehat adipura tahun 2019 di Kabupaten Maluku tengah (Malteng). Kamis (14/11/2019) yang bertempat di lantai tiga Kantor Pemda Malteng.

Bupati Maluku tengah. Hi. Tuasikal Abua,SH dalam sambutannya yang di bacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Malteng. Rakib Sahubawa, mengucapkan selamat datang kepada Tim Pengendalian Pembangunan Ekoregion KLHK Sulawesi-Maluku di Kota Masohi, di Bumi Pamahanunusa.

Terlaksananya kegiatan ini, semakin memotivasi kita untuk terus membangun daerah ini, khususnya yang berkaitan dengan penataan atau pengelolaan sampah rumah tangga.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional (JAKTRANAS) Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, telah memberikan arah bagi pengelolaan sampah terintegrasi mulai dari sumber sampai pemprosesan akhir.

Dalam pepres tersebut, target pengelolaan sampah yang ingin di capai Jakstranas adalah 100% sampah  terkelola dengan baik dan benar pada tahun 2025 (Indonesia Bersih Sampah) yang di ukur melalui pengurangan sampah sebesar 30% dan penanganan sampah sebesar 70% pada tahun 2025," ungkapnya.

Tuasikal, menambahkan bahwa untuk mencapai target ini, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota harus menyusun dokumen JAKSTRADA (Kebijakan Stategi Daerah) yang akan di jadikan sebagai road map pengelolaan sampah rumah tangga di Daerah.

Tentu ketersediaan dokumen JAKSTRADA ini, menjadi sangat penting, sebab dokumen ini menjadi salah satu syarat bagi kita untuk dapat di nilai sebagai Daerah yang akan memperoleh penghargaan adipura.

Sebagaimana di ketahui bahwa, Kabupaten Maluku tengah sedang giat-giatnya berbenah dan terus berinovasi pada berbagai aspek pembangunan, tata kelola Pemerintahan dan pelayanan masyarakat.

Kegiatan Pembinaan Implementasi Kebijakan dan Strategis
Dalam konteks pelayanan masyarakat, salah satu fokus kita adalah menjadikan Masohi, sebagai Kota yang hijau, Kota Bebas Sampah dan Kota Tanpa Kumuh.

lkhtiar ke arah capaian tersebut telah menunjukan progres yang cukup menggembirakan, dan tentunya perkembangan itu tidak terlepas dari kerja keras seluruh pemangku kepentingan, yang juga disertai dengan semakin tingginya tingkat kesadaran masyarakat terhadap penanganan sampah rumah tangga, yang hanya di buang ke TPS pada waktu-waktu yang telah ditentukan.

Pemerintah daerah terus pula membenahi sarana dan prasarana persampahan demi memaksimalkan target pencapaian pengelolaan sampah yang baik.

Berdasarkan kondisi tersebut, boleh di bilang bahwa penanganan sampah rumah tangga dan sejenisnya di Kabupaten Maluku Tengah, terutama di Kota Masohi," jelasnya.

Tuasikal, berharap agar seluruh instrumen pendukung lainnya yang berkaitan dengan pengelolaan sampah yang wajib di siapkan oleh Pemerintah Daerah, harus di jadikan prioritas untuk dilaksanakan, termasuk Dokumen JAKSTRADA.

Untuk itulah, kiranya seluruh pemangku kepentingan di daerah ini dapat bersinergi serta berkontribusi sehingga Dokumen JAKSTRADA Kabupaten Maluku Tengah dapat segera di selesaikan demi kepentingan dan kemajuan kita bersama.

Atas nama Pemerintah Daerah saya mengucapkan terima kasih kepada Tim Pengendalian Pembangunan Ekoregion KLHK Sulawesi-Maluku atas waktu dan kesediaan memberikan dorongan dan bimbingan bagi Kabupaten Maluku Tengah," tutupnya. (MCJ)
Malteng 2090506067090304777

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC