Loading...

Pesparani Membangun Persaudaraan Sejati, Dari Maluku Untuk Indonesia

Tarian Pada Acara Pembukaan Pesparani
AMBON, Malukuchannel.com - Acara Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Tinggat Nasional I secara Resmi dibuka oleh Menteri ESDM RI, Ignasius Yonan yang di hadiri juga oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim, Sabtu (27/10/2018).

Ketua Umum Pesparani tingkat Nasional I, Dr. Zeth Sahuburua dalam laporannya mengatakan, event akbar umat Katolik se-Indonesia, merupakan tonggak sejarah baru bagi umat Katolik di tanah air.

Menurutnya, Pesparani tingkat Nasional I tercatat sebanyak 12 ribu orang yang mendatangi Kota Ambon.

Pada perehelatan Pesparani tingkat Nasional I tahun 2018, sebanyak 12 mata lomba yang diperebutkan peserta diantaranya; Menyanyikan Mazmur, Paduan Suara serta Bertutur Alkitab.

Sementara itu, Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Pesparani yang terbingkai dalam Tema, Membangun Persaudaraan Sejati, Dari Maluku Untuk Indonesia merupakan tatanan hidup orang basudara di Maluku.

Kontingen Kalimantan Timur
Dalam Pesparani tingkat Nasional I di Kota Ambon merupakan pesan damai yang disampaikan lewat Pujian dan Mazmur yang dikidungkan.

“Filsafat orang gandong, Potong di kuku rasa di daging dan sagu salempeng di patah dua, menunjukan bahwa harmoni persaudaraan di Maluku adalah hidup sepenanggungan,” ujar Asagaf.

Assagaff menyebutkan pelaksanaan Pesparani tingkat Nasional I di Kota Ambon merupakan kado termanis buat dirinya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Dr. Zeth Sahuburua di penghujung tugas mereka.

Menteri ESD RI, Ignasius Yonan yang mewakili Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan, ke-bhinekaan atau keragaman bangsa Indonesia harus dirawat, dijaga serta dilestarikan oleh orang Maluku khususnya Ambon, yang diberikan Tuhan berupa suara yang merdu.

“Kiranya lewat suara yang merdu maka dari Ambon akan lahir persaudaraan yang sejati bagi Indonesia,”ucapnya. (MC)
Pesparani 6828604200427360996

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC