Loading...

KPU Kota Tual Gelar Debat Terbuka Paslon Wali Kota

TUAL, Malukuchannel.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tual menggelar debat terbuka pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Tual Tahun 2018 dengan tema penguatan kearifan lokal yang memperkokoh ideologi bangsa dan NKRI, Selasa (24/04/2018).

Ketua KPU Kota Tual, Ibrahim Faqih dalam sambutannya menyatakan, debat pasangan calon (Paslon) Wali Kota yang diselenggarakan oleh KPU  merupakan bagian dari rangkaian jadwal dan tahapan kampanye yang ditetapkan oleh KPU.

"Debat pasang calon yang diselenggarakan oleh KPU pada hari ini, adalah bagian dari rangkaian kegiatan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tual." Kata Faqih Selasa Tual (24/04/2018).

Dalam pelaksanaan debat publik, KPU Kota Tual berupaya semaksimal mungkin agar dilaksanakan secara demokrasi dengan mengundang semua tim paslon walkot untuk membahas semua formasi yang ideal untuk kegiatan debat tersebut.

"Kami sudah berusaha semaksimal mungkin dengan mengundang semua tim pemenang sehingga tidak ada kecurigaan apapun terhadap pihak penyelenggara." Jelasnya.

Dia berharap, dalam kerja KPU apabila terdapat kekeliruan maka KPU selalu buka diri untuk di kritik yang sifatnya membangun demokrasi dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Terpisah Kapolres Maluku Tenggara, AKBP Indra Fadilah Siregar mengatakan untuk pengamanan debat kandidat paslon Walkot, TNI Polri telah menurunkan 200 personil untuk pengamanan debat tersebut.

Pengamanan dibagi dalam  beberapa sesi termasuk pengaman dalam gedung dan luar gedung sampai tempat parkir hingga debat selesai berjalan dengan lancar.

Pantauan MALUKUCHANNEL.COM  dalam debat kandidat terlihat kehadiran 3 paslon Walkot yakni, Paslon No Urut 1 - Drs Yunus Serang, M.Si - Eva Fransina Balubun S.Pt. "SERASI", Paslon No Urut 2 - Adam Rahayaan, S.Ag, M.Si dan Usman Tamnge, SE. "AMAN" dan Paslon No Urut 3 - Drs Basri Addly Banjar MSi dan Fadilah Rahawarin SPi. "ADIL"

 Panelis pada Debat Publik antara lain.DR Abdul Manaf Tubaka MSi (dosen IAIN Ambon), Dr Djufri Rays Pattilouw SE MSi (dosen Universitas Pattimura dan IAIN Ambon), Dr Ruslan HS Tawari SPi MSi (dosen Universitas Pattimura), Amir Faisal Kotarumalos SSos MSi (dosen Universitas Pattimura, Univ Darussalam, STIA Alazka, STAIN Ambon), Dr Sherlock Halmes Lekipiouw SH MS (dosen Univ Pattimura)

Debat kandidat di bagi menjadi 6 segmen yaitu penyampaian Visi Misi, Tanya jawab Visi Misi kepada masing-masing Paslon, Pendalaman Tanya jawab Visi Misi kpd masing-masing Paslon, Tanya jawab masing-masing Paslon, Tanggapan tanya jawab masing-masing Paslon, Closing statement masing-masing Paslon.

Paslon No Urut 2, Adam Rahayaan, S.Ag, M.Si dan Usman Tamnge, SE. AMAN mengingatkan kepada semua pendukung supaya selalu menjaga keamanan sehingga Pilkada berjalan dengan aman dan damai sesuai dengan Akronim AMAN.

"Kita tunjukan kepada Kompolnas dan Bawaslu RI, bahwa Kota Tual teraman se-Indonesi bukan kota yang paling rawan," kata Adam

Paslon No Urut 1, Drs Yunus Serang - Eva Fransina Balubun SPt "SERASI" menyatakan ada sebuah kebanggaan  bagi Paslon serasi, supaya dapat menghidupkan kembali nendik sakmas.

Sebagai seorang pemimpin, lanjutnya, harus menjaga persatuan dan kesatuan di negeri yang kita cintai ini karena semua berada dalam satu bingkai yaitu Bhineka Tunggal Ika.

Paslon No Urut 3, Basri Addly Banjar - Fadilah Rahawarin "ADIL" menjanjikan apabila terpilih maka pada 2023 kota Tual akan menjadi kota yang maju dan Adil, dan siap melayani rakyat selama 5 tahun kedepan, selalu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Pasangan Adil juga mengingatkan, walaupun pilihan berbeda-beda tetapi jangan pernah putuskan ikatan tali silahturahmi antara orang Kei.

Penyampaian Visi Misi Oleh Paslon No Urut 1 dengan akronim "SERASI" yaitu :

- Terwujudnya Kota Tual Yang Maju, Mandiri dan Sejahtera Berbasis Kearifan Lokal
- Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Kota Tual
- Menata  birokrasi yang efektif, efisien, profesional dan produktif
- Meningkatkan pembangunan infrastruktur dan sarana pelayanan publik
- Meningkatkan pembangunan ekonomi, pemberdayaan masyarakat pengembangan ekonomi kreatif dan menciptakan produk unggulan daerah berbasis ekonomi kerakyatan
- Membangun dan mengembangkan serta memperkokoh nilai-nilai adat, budaya dan berkarakter religius
- Meningkatkan kapasitas kapabilitas dan mentalitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Penyampaian Visi Misi oleh Paslon No Urut 2 dengan akronim"AMAN" yakni :

- Terwujudkan Kota Tual Sebagai "Kota Beradat" (Beriman, ekonomi kerakyatan, Religius, Amanah,
- Mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang religius melalui peningkatan kualitas keimanan dan ketakwaan, pendidikan dan derajat kesehatan masyarakat dengan memperbesar akses bagi masyarakat miskin, serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi
- Memantapkan pelaksanaan otonomi daerah menuju tata kelola pemerintahan yang baik melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, kemandirian keuangan daerah, pengembangan profesional aparatur serta didukung oleh infrastruktur pemerintahan yang berbasis teknologi
- Memantapkan perwujudan tatanan kehidupan politik, sosial, dan budaya yang demokratis serta memperkokoh ketertiban dan keamanan yang kondusif melalui upaya penegakan hukum dan peraturan, pengembangan budaya dan disiplin serta menjunjung tinggi hukum dan hak asasi manusia.

Penyampaian Visi Misi Paslon Urut 3 dengan akronim "ADIL" yaitu :

- Terwujudnya Kota Tual Yang Maju, Adil, Relegius, Ekonomi Kerakyatan dan Nasionalis Berbasis Maritim Pada Tahun 2023
- Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Kota Tual yang Unggul
- Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan yang baik dan Benar
- Mewujudkan Masyarakat Kota Tual yang Religius dan Beradat
- Meningkatkan Ekonomi Kerakyatan yang Berdaya Saing
- Membangun Kehidupan Berbangsa Berdasarkan Empat Pilar Kebangsaan. (MC)
Tual 5900912535419040632

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC