Loading...

Walikota Tual Ingatkan Transparansi ADD Serta DD

Tual, Maluku Channel.com - Hal Itu Dikatakan Oleh Walikota Tual Adam Rahayaan S.Ag ketika ditemui Media ini disela sela Kesibukannya Menerima Aparat Pemerintah Desa di Ruang Kerjanya Pekan kemarin.

Adam Rahayaan Katakan Bahwa Pemerintah Kota Tual Tetap Berkomitmen untuk Memberikan Ruang Bagi Para Penyidik KPK dalam Menuntaskan setiap Penyalahgunaan ADD dan DD, sebab Tak ada satupun Desa yang ADD dan DDnya Tidak diatur dalam UU, Menurutnya Pihak Desa wajib Mempublikasikan APBDesa dan Laporan Revitalisasi Anggarannya kepada Publik.

Ketika ditanya Tetang Keterlambatan Dana Desa Walikota Menjawab Bahwa salah satu Faktor yang Membuat Terlambatnya Pencairan Dana Desa Tahun 2017 dikarenakan Persyaratan yang Telah ditetapkan Tidak Dipatuhi dan diikuti secara Baik, oleh sebab itu Walikota Menghimbau kepada Para Kades di Kota Tual agar Transparan dalam Mengelola Alokasi Dana Desa Maupun Dana Desa itu Sendiri.

"Sebab Hasil Evaluasi ADD dan DD Tahun 2016 Ternyata Masih Banyak Desa Belum Mempunyai Kepala Desa yang Pendidikannya S1 maupun S2, Padahal Dibutuhkan untuk Mengelola ADD serta DD yang Nilainya Bahkan Melampaui Satu SKPD.

Belum Lagi Banyak Desa di Kota Tual Belum Sanggup Mengaplikasikan Sistem Keuangan Desa sejak dari Tahap Perencanaan, Penatausahan dan Pelaporan serta Belum adanya Penetapan Peraturan Desa Tetang APBDesa dan Tentu saja Laporan Pertanggungjawaban.

"Hal inilah yang Membuat Pencairan ADD dan DD Tahun 2017 Terlambat, oleh sebab itu Adam Rahayaan Harapkan agar Fungsi Pengawasan serta Kontrol Sosial oleh Masyarakat Perlu ditingkatkan Tentunya Peran Inspektorat dalam Mengawal Penggunaan ADD Mutlak Diperlukan.

Sebab sudah ada Kesepakatan antara Kementrian Desa dan KPK untuk Tahun 2017 Hingga seterusnya setiap Penyelewangan dan Penyalahgunaan ADD serta DD Langsung ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Untuk itu sekali Lagi Walikota Tual Meminta agar Pada Pencairan ADD serta DD Tahun 2017 agar Para Kepala Desa Harus Transparan. (MC-S)
Tual 8895713389388554702

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC