Loading...

Unpatti Siap Terima Pendaftaran Mahasiswa Dua Prodi Baru

AMBON, Malukuchannel.com - Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon siap menerima pendaftaran mahasiswa baru untuk dua program studi (Prodi) baru, yakni Teknik Geofisika dan Teknik Perminyakan pada tahun ini.

"Tahun ini kita targetkan akan melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru prodi teknik geofisika dan teknik Perminyakan. Kita berharap tahun 2019 kita akan membuka prodi energi dan perminyakan, " kata Rektor Unpatti M.J, Saptenno, di Ambon, Kamis (24/05/2018).

Ia mengatakan, proposal pembukaan prodi baru telah diterima menteri Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir , dan akan ditindaklanjuti dengan penerbitan surat keputusan pembukaan prodi baru.

Penerimaan mahasiswa untuk dua prodi baru masih tetap dibatasi hanya menerima 15 mahasiswa.

"Jika kita telah menerima surat keputusan maka di semester baru mendatang kita akan melakukan seleksi mahasiswa baru di tahun ini," katanya.

Menurut Saptenno, tahun 2017 Unpatti telah membuka prodi baru teknik geologi. Total mahasiswa yang telah kuliah sebanyak 15 orang dan semuanya mendapatkan beasiswa dari pemerintah.

Aktivitas perkuliahan prodi teknis geologi dibantu dosen tamu dari Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mata kuliah khusus dan sistem perkuliahan menggunakan sistem blok dan kuliahnya nanti diberikan selama seminggu full.

"Mahasiswa yang lolos seleksi biaya kuliahnya dibebaskan, karena ditanggung penuh pemerintah melalui Kementerian Ristek dan Dikti," ujarnya.

Dijelaskannya, dua prodi baru yang akan dibuka di Unpatti dalam rangka menunjang operasional Blok Masela.

Penambahan dua prodi baru merupakan embrio untuk pembentukan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan di Unpatti Ambon.

"Syarat yang ditetapkan kementerian untuk membuka fakultas baru, harus memiliki tiga sampai lima program studi pendukung, kita berharap dengan pembukaan prodi baru dapat menunjang fakultas baru," tandasnya. (MC)
Pendidikan 2973493138651424158

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC